Memasuki Era E-Commerce Lintas Batas

logo huawei

Jakarta – Hari ini telah di selenggarakan sebuah event yang bertemakan “Enabling Cross-Border e-Commerce Trade in ASEAN” (Mengaktifkan Perdagangan e-Commercer Lintas Batas di ASEAN). Event ini terselenggara atas kerja sama US-ASEAN Business Council dan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel)

US-ASEAN Business Council sendiri telah aktif selama 30 tahun lebih di ASEAN dalam rangka menyediakan bantuan advokasi bagi perusahaan dari Amerika yang beroperasi di wilayah ASEAN. Kemudian pada bulan November 2015 menjalin kerja sama dengan Masyarakat TeleMatika Indonesia (Mastel). Tema e-Commerce diambil untuk event kali ini di karenakan anggota dari US-ASEAN Business Council dan Mastel mempunyai ketertarikan dan minat yang sama.

Event tersebut di hadiri oleh para perwakilan dari pemerintah seperti dari Departemen Komunikasi dan Informatika, Bank Indonesia, Departemen Kuangan, dan Departemen Perindustrian. Kemudian dari kalangan swasta hadir Daniel Tumiwa dari IDEI serta Handoyo Taher dari APJII. Hadir pula Christine Brown, Director for South East Asia and Pacifi Affairs of the Unite State Representative serta perwakilan dari kedutaan Amerika bidang ekonomi.

Event dibuka oleh Desi Indrimayutri selaku perwakilan dari US-ASEAN Business Council di Indonesia. Ibu Desi mengatakan,”Saya merasa senang dengan terselenggaranya acara ini, karena adanya ketertarikan yang sama di e-Commerce dari anggota US ASEAN Business Council dan Mastel”.”Dengan adanya kesamaan minat maka ke depannya akan memungkinkan di adakannya kerja sama dalam bidang e-Commerce ini,” tambahnya.

Pada kesempatan itu dalam sambutannya Kristiono Wongsosuwarno, Ketua Umum Mastel mengutip pernyataan dari CEO Lazada mengenai tumbuhnya konsumen berbasis mobile di Asia Tenggara sangat beragam, walaupun masih ada hambatan tapi masih banyak ruang untuk sebuah pertumbuhan. Pernyataan ini menurutnya dapat dijadikan sebuah latar belakang yang baik pada event kali ini.

Beliau juga sangat berharap dari hasil diskusi hari ini akan memberikan solusi yang membangun. Sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi melalui road map e-Commerce di Indonesia dapat berjalan. Dan juga menggali potensi-potensi serta kesempatan yang ada melalui e-Commerce.

Selain presentasi pada event tersebut juga di adakan diskusi panel antara perwakilan dari pemerintah dan swasta. Mengenai tanggapan-tanggapan mereka terhadap point-point yang yang baru saja di presentasikan. Setelah diskusi panel event di akhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta yang hadir dengan para perwakilan. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta.