Microsoft Akhiri dukungan Adobe Flash Player Mulai Januari 2021

logo huawei

Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk Adobe Flash Player di semua browser webnya pada bulan Januari 2021. Microsoft merilis panduan tambahan tentang situasi ini dan mereka juga memberitahukan kepada penggunanya bahwa konten Adobe Flash Player akan berhenti berfungsi pada akhir tahun 2020 di Microsoft Edge dan Microsoft Edge Legacy serta Internet Explorer 11.

“Microsoft akan menghentikan dukungan untuk Flash Player di Microsoft Edge Legacy, serta Microsoft Edge, dan Internet Explorer 11 pada akhir tahun 2020. Ini akan dihapus dengan rilis Microsoft Edge v88 dan di Google Chrome v88 dan menyusul dari Apple dan Mozilla,” kata Manajer Program Microsoft Suchitra Gopinath.

Gopinath menambahkan pengguna akan berhenti menerima ‘Pembaruan Keamanan untuk Adobe Flash Player’ dari Microsoft setelah Desember 2020.

Dirilis pada tahun 1996, Flash pernah menjadi salah satu cara paling populer bagi orang-orang untuk melakukan streaming video dan bermain game online. Plug-in browser ini memiliki kemampuan dengan menghadirkan animasi dan interaktivitas web. Namun sayangnya secara resmi telah mencapai akhir masa pakainya.

Mulai Januari 2021, Adobe Flash Player akan dinonaktifkan secara default, dan semua versi yang lebih lama dari KB4561600 yang dirilis pada Juni 2020 akan diblokir.

Dilansir dari situs DigitalInformationWorld, pada tahun 2017 Microsoft telah membuat pengumuman terkoordinasi dengan Apple, Adobe, Google, Facebook, dan Mozilla mengenai penghentian Adobe Flash Player, dan keputusan tersebut dipicu karena teknologi terbuka yang lebih aman dan berkinerja tinggi seperti HTML5, WebGL, dan WebAssembly mendapatkan lebih populer dibandingkan dengan Adobe Flash Player.

Perusahaan akan menerbitkan panduan ‘Pembaruan untuk Penghapusan Adobe Flash Player’ melalui pembaruan Windows, WSUS, dan Katalog Pembaruan Microsoft. Ini sepenuhnya akan menghapus Adobe Flash dari semua perangkat yang menjalankan Microsoft Windows secara permanen.

Pengguna yang ingin menghapus Flash Player sebelum secara resmi dinonaktifkan dapat melakukannya dengan menggunakan pembaruan setelah mengunduhnya dari Katalog Pembaruan Microsoft. Namun, mereka tidak dapat menghapus instalannya setelah Katalog berjalan di sistem mereka.

Selama awal 2021, ini akan menjadi opsional, tetapi Microsoft akan mulai merekomendasikannya kepada semua pengguna. Microsoft akan menghapus semua API, kebijakan grup, antarmuka pengguna, dan semua sumber daya terkait Flash yang dapat diunduh dari Edge Legacy dan Internet Explorer 11 melalui ‘Pembaruan Kumulatif’ terbaru pada platform Windows 10 dan ‘Pembaruan Kumulatif untuk Internet Explorer 11’ atau ‘ Rollup Bulanan ‘ di Windows 8.1, Windows Embedded 8 Standard dan Windows Server 2012.

Namun, pengguna perusahaan yang masih memiliki sistem bisnis internal yang membutuhkan Flash Player masih dapat menghubungi mitra lisensi distribusi Adobe, HARMAN. Microsoft juga akan mengizinkan pelanggan ini menjalankan solusi perangkat lunak tersebut dengan bantuan plug-in khusus Edge dan Internet Explorer 11.(na)

%d bloggers like this: