Office Lens Kini Resmi Dihapus Dari Microsoft Store

logo huawei

Microsoft Office Lens tidak lagi tersedia di Microsoft Store. Mulai 1 Januari 2021, versi aplikasi Microsoft Store telah dihapus dari peredaran dan Anda hanya dapat mengunduh dan menggunakan versi mandiri aplikasi melalui Google Play atau App Store.

Sebelumnya, Microsoft meluncurkan aplikasi Office Lens untuk perangkat Windows Phone pada tahun 2014. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk memindai dan mentranskripsikan teks dari objek foto seperti papan tulis, dokumen cetak, kartu nama dan sebagainya, untuk selanjutnya disimpan ke OneNote untuk pengguna akses nantinya.

Dilansir dari make use of, Office Lens, sebenarnya sudah sejak bulan Oktober lalu Microsoft mengabarkan akan mulai menghentikan layanan aplikasi tersebut. Perusahaan memperbarui halaman dukungannya beberapa bulan lalu untuk menunjukkan bahwa mereka menghentikan Office Lens untuk Windows.

Layanan berbasis cloud tertentu di Office Lens untuk Windows, seperti menyimpan gambar ke OneDrive, OneNote, Word, PowerPoint atau PDF, tidak akan tersedia setelah 31 Desember 2020. Pengguna dapat terus menggunakan fitur lain dari aplikasi lain. Untuk terus menikmati semua fitur Office Lens, disarankan mengunduh dan menggunakan versi terbaru Official Lens untuk iOS atau Android di perangkat seluler.

“Penting: Layanan tertentu berbasis cloud di Office Lens untuk Windows, seperti menyimpan gambar ke OneDrive, OneNote, Word, PowerPoint, atau PDF, tidak akan tersedia lagi setelah 31 Desember 2020. Sementara untuk fitur lain dapat terus digunakan melalui aplikasi yang terpasang pada perangkat Anda. Selain itu, Office Lens untuk Windows 10 tidak akan lagi tersedia di Microsoft Store mulai 1 Januari 2021. Agar dapat terus menikmati semua fitur Office Lens, kami menyarankan Anda mengunduh dan menggunakan versi terbaru Office Lens untuk iOS atau Office Lens untuk Android di perangkat seluler Anda,” Tulis Microsoft.

Seperti yang dinyatakan, Office Lens tidak bisa diunduh dari Microsoft Store lagi dan pengguna tidak akan bisa menyimpan gambar ke layanan seperti OneDrive dan OneNote. Namun, bagi mereka para pengguna Office Lens, Microsoft merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Office Lens terbaru pada system operasi Android dan iOS.(kl)