Microsoft Teams Kini Dukung Enkripsi End-to-End

logo huawei

Microsoft akhirnya mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan dukungan enkripsi ujung ke ujung atau end-to-end ke Microsoft Teams. Pratinjau enkripsi end-to-end di Microsoft Teams saat ini hanya tersedia untuk pelanggan berbayar. Tak hanya itu, perusahaan mengatakan juga merilis fitur baru yang tersedia untuk panggilan one-on-one dan dirancang untuk percakapan sensitif.

Dilansir dari situs Theverge, fitur end-to-end ini akan berguna untuk percakapan yang sifatnya rahasia seperti antar karyawan atau admin IT yang ingin memberikan kata sandi kepada karyawan lainnya melalui panggilan.

Pratinjau awal akan dibatasi pada panggilan one-on-one, tetapi Microsoft berencana untuk memperluasnya ke panggilan terjadwal dan rapat online.

“Pengguna berbayar dapat mengaktifkan fitur enkripsi end-to-end untuk panggilan Microsoft Teams secara one-on-one tak terjadwal. Kami juga berencana akan segera mendukung pengguna untuk melakukan panggilan terjadwal dan rapat online,” kata Microsoft.

Microsoft Teams saat ini belum mendukung enkripsi ujung ke ujung untuk rapat. Semua konten obrolan di Teams baik data-data akan dienkripsi saat transit, ini memungkinkan layanan resmi mendekripsi konten untuk tujuan catatan penyimpanan data. Microsoft juga kini masih menggunakan enkripsi SharePoint untuk mengamankan file at-rest dan enkripsi OneNote untuk catatan yang disimpan di Microsoft Teams.

Pesaing utama Microsoft Teams, Slack, juga belum menggunakan enkripsi ujung ke ujung. Namun Zoom mulai menerapkan fitur ini pada bulan Oktober dan secara bertahap menambahkan lebih banyak fitur ke pratinjaunya.(na)

%d bloggers like this: