Aktifkan Find My Phone untuk Cari smartphone Hilang

logo huawei

Pasti Anda atau orang yang ada di sekitar anda pernah mengalami kehilangan smartphone, biasanya yang kehilangan akan panik karena mungkin saja memiliki data-data penting yang belum disimpan atau khawatir data tersebut dimiliki oleh orang lain. Bagaimana cara melacak smartphone yang hilang? Pastinya ini menjadi sebuah pertanyaan bagi pengguna yang kehilangan smartphone.

Saat ini smartphone merupakan sebuah perangkat yang dianggap sangat penting bagi semua orang. Maka hilangnya smartphone adalah hal yang sangat disayangkan.

Tetapi saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab Find My Phone mungkin menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Fitur Find My Phone berfungsi untuk melacak dan menemukan posisi smartphone yang hilang. Cara ini efektif diterapkan karena proses dan pengaturan yang cukup mudah, sehingga pemilik dapat menemukan kembali HP dalam waktu singkat.

Untuk mengaktifkan fitur Find My Phone di smartphone sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Android

  • Tekan aplikasi Settings
  • Tekan Security
  • Tekan Find My Device
  • Geser tombol ke kanan untuk mengaktifkannya

Bila mana perangkat hilang, untuk melihat keberadaan terakhir bisa mengakses laman Android.com/find.
Sejumlah vendor seperti Samsung dan Xiaomi membuat fitur sendiri untuk melakukan pencarian perangkat yang hilang. Cara mengaktifkan tidak jauh berbeda dengan langkah di atas.

iOS

  • Tekan aplikasi Settings
  • Tekan nama kamu di bagian atas
  • Tekan opsi Find My
  • Geser tombol ke kanan pada opsi Find My iPhone
  • Jika iPhone kamu hilang, untuk melihat keberadaan terakhir HP bisa mengakses laman icloud.com/find
    Setelah berhasil login, maka tampilan akan dialihkan menuju tampilan lokasi atau maps yang menunjukkan lokasi smartphone iPhone terakhir diletakkan. Lengkap dengan daya baterai yang bertahan, hingga kapan smartphone tersebut terakhir dinyalakan.

Cara-cara tersebut mempermudah pengguna smartphone masa kini ketika dibingungkan dengan kondisi kehilangan smartphone atau lupa menaruhnya. Selain itu, aplikasi Find My Phone dinilai efektif untuk mencegah penyalahgunaan data ketika smartphone yang hilang sampai di tangan kedua atau pencuri.