Panggilan Telepon Seluler Pertama Adalah 75 Tahun yang Lalu

logo huawei

Layanan telepon seluler pertama, untuk telepon seberat 80 pon yang dipasang di mobil, didemonstrasikan pada 17 Juni 1946, 75 tahun yang lalu. Layanan ini hanya tersedia di kota-kota besar dan koridor jalan raya dan ditujukan untuk perusahaan daripada individu.

Peralatan tersebut memenuhi sebagian besar bagasi mobil, dan pelanggan melakukan panggilan dengan mengangkat handset dan berbicara dengan operator switchboard. Pada tahun 1948, layanan ini memiliki 5.000 pelanggan.

Seperti dilansir dari The Conversation US, ponsel genggam pertama ditunjukkan pada tahun 1973, hampir tiga dekade setelah pengenalan layanan ponsel pertama. Hampir tiga dekade setelah itu sebelum setengah populasi AS memiliki ponsel. Telepon itu sendiri tidak akan banyak berguna tanpa BTS seluler dan semua infrastruktur jaringan yang ada di belakangnya.

Layanan telepon seluler pertama menggunakan sejumlah kecil menara radio besar, yang berarti bahwa semua pelanggan di kota besar berbagi satu stasiun pangkalan pusat. Ini bukan resep untuk layanan telepon seluler universal.

Para ahli kemudian mulai mengerjakan sebuah konsep untuk mengatasi masalah ini pada saat layanan telepon seluler pertama diluncurkan, dan butuh hampir empat dekade untuk meluncurkan layanan telepon seluler pertama pada tahun 1983. Layanan seluler melibatkan jaringan interkoneksi dari radio transceiver yang lebih kecil yang memindahkan penelepon dari satu transceiver ke yang lain.

Saat ini masyarakat tinggal menerima jenis teknologi ini begitu saja, tapi jauh sebelum itu teknologi seperti ini telah hadir di ranah fiksi ilmiah. Transisi dari fantasi ke kenyataan ternyata memerlukan jumlah waktu, uang, bakat, dan upaya untuk memasang ponsel di pergelangan tangan jauh melampaui satu siklus pengembangan produk.

Sementara langkah-langkah terakhir perkembangan teknologi menjadi berita utama, dibutuhkan ribuan ilmuwan dan insinyur yang bekerja selama beberapa dekade di berbagai teknologi untuk sampai ke titik di mana produk-produk blockbuster mulai menangkap imajinasi publik.

Ponsel kita yang kita gunakan saat ini adalah hasil dari lebih dari seratus tahun investasi komersial dan pemerintah dalam penelitian dan pengembangan di semua komponen dan teknologi terkait. Sebagian besar pembangunan mutakhir itu telah didanai oleh militer.(hh)

%d bloggers like this: