Pendiri Microsoft Paul Allen Meninggal di Usia 65 Tahun

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Microsoft co-founder Paul Allen, meninggal pada usia 65 pada hari Senin. Menurut pihak keluarganya ia telah menderita limfoma non-Hodgkin yang merupakan salah satu jenis penyakit kanker.

Pada awal bulan ini, Paul Allen mengatakan bahwa dia telah memulai perawatan untuk limfoma non-Hodgkin, jenis kanker yang sama yang telah dia berhasil atasi sembilan tahun yang lalu.

Lahir di Seattle, Paul Allen menuntut ilmu di Washington State University selama dua tahun sebelum keluar untuk ikut mendirikan Microsoft pada tahun 1975 dengan Bill Gates, yang merupakan seorang teman SMA-nya.

Delapan tahun setelah mendirikan perusahaan, ia di diagnosis kanker pertamanya, tetapi berhasil diobati, itu pun memaksanya untuk pensiun dini dari perannya di Microsoft. Pada tahun 1983 Paul Allen meninggalkan Microsoft dan mendirikan perusahaan investasi bernama Vulcan Inc pada tahun 1986 untuk membantu mengelola portofolio perusahaan yang bernilai miliaran dolar.

Keluarnya dari Microsoft ia fokus mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk penelitian ilmiah dan teknologi, termasuk yayasan Allen Institute, yang dimulai dengan berfokus pada ilmu saraf tetapi telah memperluas pendekatannya pada bioscience. Selain itu, ia juga membuat proyek penelitian untuk membangun pesawat ruang angkasa yang komponen roketnya dapat digunakan berulang kali pada peluncuran satelit.

“Sumbangan Paul Allen kepada perusahaan kami, industri kami, dan komunitas kami sangat diperlukan,” kata Chief Executive Officer Microsoft Satya Nadella dalam sebuah pernyataan.

“Sebagai salah satu pendiri Microsoft, dengan caranya sendiri yang tenang dan gigih, dia menciptakan produk, pengalaman, dan sebuah institusi ajaib, dan dengan melakukan itu, dia telah mengubah dunia,” imbuhnya.

Paul Allen sendiri saat ini berada di peringkat ke-44 dalam daftar miliarder majalah Forbes pada tahun 2018 dengan kekayaan $ 20,5 miliar. Ia juga adalah penyumbang utama di Seattle, mendanai segala sesuatu dari perpustakaan dan universitas hingga penelitian otak.

Investasinya meliputi kepemilikan saham di beberapa tim olahraga profesional, termasuk Portland Trail Blazers NBA, NFL Seattle Seahawks dan Seattle Sounders FC dari Major League Soccer.(hh)

Sumberhttps://www.reuters.com/article/us-people-paulallen/microsoft-co-founder-paul-allen-dies-at-65-idUSKCN1MP2ME