Penerapan Teknologi Robot Anjing di University of Sunderland

logo huawei

University of Sunderland baru-baru ini menerapkan penggunaan teknologi robot yang diharapkan dapat mendukung para mahasiswa dalam penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) kedalam kehidupan dunia nyata. Salah satunya adalah dengan menggunakan robot berkaki empat, yang dikenal dengan Bernard. Sebagaimana nama yang mengilhaminya, Bernard adalah robot yang aktif dalam pencarian serta penyelamatan.

John Murray, selaku profesor universitas fakultas teknologi mengatakan bahwa, Robot dari Boston Dynamics akan memainkan peranan penting dalam membantu mahasiswa di departemen untuk menerapkan penggunaan teknologi terbaru kedalam kehidupan nyata.

“Salah satu alasan kami membelinya adalah untuk mengajarkan para siswa mengenai perkembangan terbaru dalam bidang teknik dan ilmu komputer yang menyatukan banyak teknologi berbeda seperti AI dan kinermatik,” kata Murray.

Robot anjing itu dilengkapi dengan beberapa sensor dan remote control untuk mengemudikannya, “Demi menciptakan pengembangan kami menempatkan intelijen ke dalamnya,” tambah Murray. Saat ini Departemen Universitas sedang mengerjakan proyek untuk menerapkan teknologi kedalam dunia nyata.

“Siswa akan menggunakannya dalam studi mereka, tetapi kami juga melihat proyek-proyek yang termasuk dalam pencarian dan penyelamatan,” kata Murray.

“Robot itu memiliki sensor yang dipasang di dalamnya, seperti sensor lidar yang memungkinkan pemetaan lingkungan.ini bersifat otonom, jadi bisa menavigasi sendiri. ” jelas Murray.

Fakultas juga sedang menjajaki apakah robot seperti ini dapat digunakan untuk inspeksi pabrik dan tugas serupa.Penerapkan teknologi kedalam industri serta tantangan manusia lainnya akan menjadi bagian inti dari program fakultas.

“Ketika siswa maju dan mulai mengerjakan proyek,mereka diharapkan dapat menghasilkan suatu kegunaan baru.untuk itu,Mahasiswa proyek juga akan memiliki kesempatan untuk mengambil tahun terakhir dengan proyek MSc yang menggunakan robot, di mana mereka dapat melihat penulisan kode, merancang sensor, mengevaluasi aplikasi robot untuk aplikasi dan proyek industri.”kata Murray

Namun dia juga menekankan bahwa idenya itu lebih dari sekedar robot anjing. “Robot adalah platform yang sangat bagus dan dapat digunakan oleh mahasiswa teknik ilmu komputer.tetapi,ini lebih dari sekedar dapat memahami dasar-dasarnya,ini tentang bagaimana mereka akan menerapkan apa yang telah mereka pelajari di industri,” ujarnya.
Teknologi yang digunakan untuk membuat, merancang, memprogram, dan mengendalikan robot juga akan dimasukkan ke dalam kurikulum.

Ini adalah bagian dari perluasan proyek pendidikan teknologi di University of Sunderland,Murray mengatakan universitas saat ini berinvestasi pada fakultas teknologi. “Bernard adalah salah satu robot quadrupedal yang paling maju,meski bukan yang paling canggih dalam pengembangan tapi hanya ada segelintir universitas lain di Inggris yang memiliki akses untuk teknologi ini,” katanya.

“Saat kami membayangkan ilmu komputer dan juga teknik, Bernard duduk di garis depan sebagai ilmu teknologi rekayasa dan komputasi terbaru.”

Robot ini juga akan digunakan untuk mempromosikan teknologi dan di acara pameran, hari terbuka, dan rekrutmen di universitas fakultas teknologi.