Pengaturan Privasi Facebook Yang Perlu Anda Periksa

logo huawei

Perusahaan induk Facebook sekarang mungkin dikenal sebagai Meta, tetapi jejaring sosial tersebut masih memiliki banyak masalah lama yang yaitu seputar privasi data, ujaran kebencian, dan informasi yang salah. Jadi, sebagai resolusi awal tahun baru, Anda dapat menjadikannya tujuan untuk melakukan pemeriksaan privasi secara teratur. Melakukannya akan membantu Anda mengikuti perubahan konstan yang dibuat Facebook dan akan membantu Anda mengawasi aplikasi acak yang Anda berikan akses ke informasi Anda.

Bagaimanapun, Facebook adalah salah satu penimbun online terbesar dari data pribadi kita. Karena itu, info pribadi kami adalah target utama bagi calon aktor jahat. Mengakses informasi Anda tidak selalu berarti mendapatkan akses langsung ke akun Anda karena kata sandi yang buruk. Sebaliknya, seperti yang kita pelajari beberapa tahun yang lalu dari skandal Cambridge Analytica, menyetujui aplikasi jahat dapat menyebabkan banyak kerusakan.

Menurut cnet.com, sementara mendapatkan perhatian Anda dan Anda memikirkannya, luangkan beberapa menit untuk mengamankan akun Facebook Anda. Saya sarankan melalui langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini. Teruslah membaca untuk mempelajari cara mengatur kata sandi yang kuat, membatasi bagaimana orang lain dapat mencari Anda, dan mencegah Facebook menyimpan riwayat lokasi Anda.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Gunakan kata sandi yang kuat dan otentikasi dua faktor
    Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengamankan akun Facebook Anda adalah membuat kata sandi yang kuat dan mengaktifkan otentikasi dua faktor. Gunakan pengelola kata sandi untuk membantu Anda, dan yang terpenting adalah mengingat kata sandi unik Anda. Buka halaman Keamanan dan ubah kata sandi Anda. Setelah Anda memiliki kata sandi baru, aktifkan otentikasi dua faktor.
  • Buka Pengaturan Privasi dan tools
    Facebook memiliki bagian Privasi khusus untuk akun Anda. Di bagian ini, Anda dapat melakukan hal-hal seperti menyetel pengaturan privasi default untuk postingan mendatang, mengontrol siapa yang dapat mengirimi Anda permintaan pertemanan, dan memutuskan informasi apa yang dapat digunakan orang untuk mencari akun Anda.
  • Hapus postingan sebelumnya dari pengaturan publik
    Buka bagian Privasi dan temukan Batasi audience untuk kiriman yang Anda bagikan dengan teman dari teman atau Publik? dan klik di atasnya. Selanjutnya, klik tombol berlabel Batasi Posting Terakhir. Kemudian facebook akan mengonversi apa pun yang pernah Anda bagikan secara publik atau dengan teman dari teman menjadi hanya terlihat oleh teman Anda, sehingga membatasi siapa yang dapat melihatnya.
  • Audit perangkat dengan akses ke akun Anda
    Lihat daftar semua perangkat tersebut di bawah bagian Tempat Anda Masuk pada halaman Keamanan dan Login. Jika Anda memiliki beberapa perangkat, klik Lihat Selengkapnya untuk melihat seluruh daftar. Untuk menghapus perangkat dari daftar, klik ikon tiga titik di sebelah kanan nama perangkat dan kemudian Log Out. Atau, Anda dapat keluar dari setiap perangkat yang ditautkan ke akun Anda dengan mengeklik Lihat Selengkapnya > Keluar Dari Semua Sesi di bagian bawah daftar.
  • Jangan lupa untuk melihat aplikasi yang mempunyai hak akses
    Kunjungi halaman Aplikasi dan Situs Web untuk melihat aplikasi Aktif yang memiliki akses ke akun Anda. Jika Anda memiliki aplikasi yang kedaluwarsa, atau aplikasi yang tidak lagi ingin Anda pertahankan aksesnya ke akun Facebook Anda, klik tombol Hapus di sebelah kanan nama aplikasi.
  • Hapus Riwayat Lokasi di ponsel Anda, dan matikan fitur ini
    buka aplikasi Facebook lalu ketuk ikon tiga baris. Di bawah Pengaturan & Privasi pilih Pintasan Privasi diikuti oleh Kelola pengaturan lokasi Anda di kartu Privasi. Selanjutnya, pilih Riwayat Lokasi > Lihat Riwayat Lokasi Anda dan masukkan kata sandi akun Anda saat diminta. Terakhir, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Hapus semua Riwayat Lokasi.(ra/hh)
%d bloggers like this: