Apple Diduga Mempersiapkan iPhone Tanpa Slot Kartu SIM pada September 2022

logo huawei

Awal pekan ini, rumor dari situs Brasil Blog do iPhone mengklaim bahwa model iPhone 15 Pro mungkin tidak memiliki slot kartu SIM fisik yang akan tersedia di beberapa negara dan wilayah, tetapi perubahan itu mungkin akan terjadi lebih cepat.

Seorang anonim memberi tahu MacRumors bahwa Apple telah menyarankan operator utama Amerika untuk mempersiapkan peluncuran smartphone khusus eSIM pada September 2022. Pemberi keterangan rahasia itu membagikan dokumen yang tampaknya sah dalam menguraikan kerangka waktu untuk inisiatif ini, meskipun dokumen tersebut tidak secara khusus menyebutkan Apple atau iPhone.

Sebagai bagian dari transisi, beberapa operator Amerika diduga akan mulai menawarkan model iPhone 13 tertentu tanpa kartu nano-SIM di dalam kotak pada kuartal kedua tahun 2022. Model iPhone 13 yang dijual di Apple Store atau di Apple.com sudah tidak memiliki nano-SIM. Pengguna Kartu SIM di dalam kotak biasanya dapat mengaktifkan paket seluler melalui eSIM dengan menyalakan iPhone, menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, dan mengikuti petunjuk di layar.

Mengingat tenggat waktu yang diduga pada September 2022, ada kemungkinan bahwa Apple mungkin menghapus slot kartu SIM fisik yang dimulai dengan beberapa model iPhone 14. Walaupun tidak ada berita yang pasti pada saat ini.

eSIM adalah SIM digital yang memungkinkan pengguna mengaktifkan paket seluler tanpa harus menggunakan kartu nano-SIM. Perlu diperhatikan bahwa layanan eSIM tidak tersedia di semua negara, jadi iPhone dengan slot kartu SIM mungkin tetap tersedia di beberapa pasar. Adopsi berkembang pesat, dengan lebih dari 100 operator yang menawarkan layanan eSIM di seluruh dunia dan lebih banyak lagi yang berencana untuk meluncurkan dukungan pada tahun 2022, termasuk Three di Inggris dan Vodafone di Selandia Baru.

Model iPhone 13 sudah mendukung beberapa profil eSIM, memungkinkan pengguna untuk berlangganan beberapa paket seluler secara digital dan beralih di antara mereka, dan fungsi ini dapat membuka jalan bagi penghapusan slot kartu SIM di negara tertentu.

Mantan kepala desain Apple, Jony Ive, pernah membayangkan iPhone sebagai satu lempengan kaca, dan pelepasan slot kartu SIM akan menjadi langkah lain menuju desain yang mulus serta meningkatkan ketahanan air dalam prosesnya. Mengeluarkan slot juga akan membebaskan beberapa ruang internal yang berharga di iPhone pada setiap bit yang berarti.(ra/hh)

%d bloggers like this: