Pengguna AMD Laporkan Penurunan Kinerja di Windows 11

logo huawei

Jika komputer Anda menggunakan CPU AMD Ryzen, Anda mungkin harus menunda upgrade OS Anda ke Windows 11.

Dalam 48 jam sejak Microsoft meluncurkan Windows 11, AMD memperingatkan pengguna tentang dua masalah yang dihadapi mereka yang menggunakan CPU Ryzen. AMD telah memperbarui situs dukungannya untuk para pengguna yang menggunakan CPU Ryzen.

Tidak ada showstoppers, tetapi keduanya akan memengaruhi kinerja yang cukup untuk memastikan bahwa mereka yang memiliki teknologi Ryzen akan lebih baik tetap menggunakan Windows 10 hingga pembaruan perangkat lunak dikeluarkan untuk menyelesaikan masalah.

Menurut t3.com, permasalahan di Windows 11 cukup banyak. Yang pertama adalah Windows 11 tampaknya menyebabkan latensi cache L3 menjadi tiga kali lipat. Secara nyata itu berarti Anda dapat mengharapkan penurunan kinerja 3 hingga 5% di sebagian besar aplikasi yang terpengaruh, tetapi beberapa game dapat melihat peningkatan tersebut hingga 10 hingga 15%. AMD mencatat bahwa hal ini terjadi sebagian besar pada game yang biasa digunakan untuk eSports, yang merupakan hal terakhir yang Anda inginkan saat mengikuti turnamen.

Masalah kedua adalah dengan teknologi inti pilihan AMD. Biasanya, ini memindahkan utas ke inti tercepat pada prosesor, tetapi tampaknya tidak melakukan tugasnya dengan benar di Windows 11, yang berarti bahwa pada aplikasi yang sensitif terhadap kinerja satu atau beberapa utas CPU mungkin menunjukkan penurunan kinerja.  AMD juga mengatakan bahwa ini kemungkinan akan lebih terlihat jika Anda memiliki CPU dengan lebih dari delapan inti dengan TDP lebih dari 65W.

MELALUI NET

Kabar baiknya adalah bahwa tidak ada masalah yang akan bertahan lama, dengan kedua bug. Hal ini diharapkan akan diperbaiki pada akhir bulan, melalui pembaruan perangkat lunak.

Tapi mungkin akan mengejutkan bahwa kedua masalah ini baru saja ketahuan sekarang. Bagaimanapun, Windows 11 telah tersedia untuk Insiders sejak Juni, dan Microsoft membual tentang popularitas pratinjau pada panggilan ke investor pada bulan Juli. Lebih banyak orang yang mengunduh versi awal kami daripada rilis atau pembaruan Windows lainnya dalam sejarah program Insider kami, imbuh CEO Satya Nadella saat itu.

Anda akan berharap bahwa masalah akan terlihat sebelumnya, dan beberapa peringatan sebelum rilis Windows 11 pada hari Selasa pasti akan diterima. Sekarang pemilik Ryzen yang telah mengambil risiko harus memutuskan apakah akan melalui proses penurunan versi ke Windows 10 yang canggung, atau hanya bertahan sampai perbaikan tiba.

Windows 11 akan dikirimkan secara otomatis melalui Pembaruan Windows untuk pengguna Windows 10 yang kompatibel, tetapi jika Anda tidak ingin menunggu, Anda dapat melewati antrean dan mengunduh pembaruan secara langsung dari Microsoft.(ra/hh)

%d bloggers like this: