Pengguna Gmail Harus Periksa Inbox Untuk Hindari Biaya Baru Dari Google

logo huawei

Awal bulan ini Google membuat perubahan besar pada layanan fotonya dengan mengakhiri opsi untuk menyimpan gambar tanpa batas secara gratis. Sejak 1 Juni itu semua berubah dengan setiap gambar yang diunggah ke server Google sekarang batasnya hanya 15GB.

Seperti dilansir dari The Express, segera setelah semuanya penuh, Google kemudian akan meminta pengguna untuk mulai membayar kelebihan penyimpanan yang biayanya bisa mencapai hingga £7,99 atau sekitar Rp. 137,000,- per bulan. Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungannya dengan akun Gmail Anda dan mengapa harus memeriksa inbox Anda.

Aturan baru berlaku untuk semua akun Google dengan batas penyimpanan yang ditetapkan di sejumlah layanan termasuk Foto, Gmail, dan Drive. Itu berarti kotak masuk Gmail dan Google Drive Anda semua dibatasi hanya 15GB.

“Mulai 1 Juni 2021, setiap foto dan video baru yang Anda unggah akan diperhitungkan dalam penyimpanan gratis 15 GB yang disertakan dengan setiap Akun Google atau penyimpanan tambahan yang Anda beli sebagai anggota Google One. Akun Google Anda menggunakan satu tempat penyimpanan untuk Drive, Gmail, dan Foto,” jelas pihak Google.

Meskipun ukuran email jelas tidak sama dengan foto yang diambil di ponsel cerdas Anda, ribuan pesan semuanya dapat bertambah dan membuat kapasitas penyimpanan berkurang. Jika Anda telah dikirimi video, PDF, foto, dan file lain yang ukurannya dapat mempengaruhi tempat penyimpanan Anda, maka ini juga dapat membatasi Gmail Anda dan mengurangi kapasitas gratis sebesar 15GB tersebut.

Mungkin Anda telah bertahun-tahun membiarkan kotak masuk tidak diperiksa secara rutin, tentunya inbox Anda telah menyimpan sejumlah besar data dan mungkin perlu waktu beberapa jam untuk membersihkannya.

Untuk memudahkan pengecekan Anda lakukan bisa menuju ke halaman penyimpanan Google, maka Anda akan melihat bagan sederhana yang menunjukkan apa yang digunakan setiap layanan dan berapa banyak ruang yang tersisa.

Jika Anda mendekati batas dan tidak ada lagi yang dapat Anda hapus, maka Anda harus mulai membayar biaya bulanan melalui Google One. Harga untuk ruang ekstra mulai dari sekitar Rp 27,000 per bulan untuk 100GB, Rp. 42,000,- untuk 200GB atau Rp. 137,000,- untuk 2TB.(hh)

%d bloggers like this: