Amazon Luncurkan Speaker Pintar ‘Ramah Anak’

logo huawei

Amazon meluncurkan versi ramah anak dari speaker pintar Echo Dot di Inggris, beberapa tahun setelah tersedia di Amerika. Speaker yang hadir dengan desain panda atau harimau itu disebut sebagai alat pembelajaran, memungkinkan anak-anak bersenang-senang dan belajar dengan Alexa.

Seperti dilansir dari BBC, parai kritikus mengatakan bahwa orang tua harus ingat bahwa itu juga akan mengumpulkan data tentang anak-anak mereka. Amazon mengatakan telah memberlakukan protokol keamanan yang ketat pada perangkat tersebut.

“Kami melakukan pengujian dan penelitian yang kuat dan memiliki langkah-langkah ketat untuk Echo Dot Kids, Amazon Kids, dan Amazon Kids+ yang melindungi anak-anak serta memberi orang tua transparansi dan kontrol atas pengalaman, menciptakan ruang aman di mana anak-anak dapat belajar dan bersenang-senang, ” jelas pihak Amazon seperti dikutip dari BBC.

Tentang keterlambatan dalam merilis produk tersebut di Inggris, Amazon mengatakan ada banyak elemen dan tantangan yang masuk ke ekspansi ke negara dan bahasa lain, terutama ketika menyangkut konten, layanan, dan fitur yang relevan secara lokal.

Perangkat ini dilengkapi dengan paket Amazon Kids untuk satu tahun, yang menawarkan konten khusus Alexa seperti keterampilan ramah anak dan buku audio.

Perangkat tersebut juga akan memiliki kontrol orang tua yang memungkinkan orang dewasa untuk memblokir hal-hal seperti lirik eksplisit pada layanan streaming musik, serta menetapkan batas waktu untuk mencegah anak-anak berbicara dengan Alexa hingga larut malam.

“Anda mungkin ingin meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apakah ini adalah bagian dari teknologi yang Anda inginkan di kamar tidur anak Anda,” kata pakar privasi digital Attila Tomaschek, dari ProPrivacy.

Dia menambahkan bahwa perangkat itu akan merekam percakapan dengan seorang anak.

“Speaker imut itu akan mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data ini, bahkan berpotensi membagikannya ke berbagai pihak ketiga,” katanya.

Namuni Amazon membantah hal itu akan terjadi mereka mengatakan bahwa mereka telah membangun privasi dan keamanan secara mendalam ke dalam layanan Alexa. Mereka juga tidak pernah membagikan rekaman suara dengan pihak ketiga.

Para orang tua perlu memberikan izin untuk menyiapkan perangkat ini dan dapat meninjau, menghapus, atau memilih untuk tidak menggunakan suara rekaman disimpan kapan saja.

Pada tahun 2019, sebuah koalisi perlindungan anak dan kelompok privasi mengajukan keluhan kepada Komisi Perdagangan Federal, mereka meminta untuk diadakan penyelidikan terhadap Echo Dot Kids. Mereka mengatakan bahwa meskipun perangkat menawarkan kontrol orang tua, tetapi tidak menawarkan kontrol orang tua atas bagaimana Amazon berinteraksi dengan data anak-anak mereka.(hh)