Pengguna WhatsApp Business Melonjak hingga Jutaan Pengguna

logo huawei

WhatsApp Business platform obrolan yang didedikasikan WhatsApp untuk para pemilik usaha kecil merayakan ulasan 50 juta pengguna global dalam sebulan dengan dua fitur barunya. Sejak awal pandemi COVID-19, platform ini mengalami peningkatan besar karena kebanyakan toko tidak dapat bertemu langsung dengan pelanggan mereka.

Dilansir dari situs web Dailymail.co.uk, WhatsApp Business telah meluncurkan sejumlah fitur baru. Fitur ini termasuk QR Code untuk memulai obrolan dan tautan ke katalog produk. Dua fitur baru ini akan memudahkan pelanggan potensial untuk memulai obrolan bisnis dan berbagi tautan produk yang ditawarkan ke platform lain.

Pengguna WhatsApp Business di Android dapat menggunakan QR Code dengan cara ketuk pengaturan, Business Tools, tautan pendek, kemudian pilih lihat QR Code. Pengguna iPhone dapat memilih pengaturan, Business Tools, dan QR Code. Dengan fitur QR Code, pengguna dapat memindai QR Code yang ditampilkan bisnis di etalase digitalnya, kemasan produk, dan tanda terima untuk memulai obrolan.

“Dengan pandemi yang masih mempengaruhi bisnis secara global, menghubungkan pelanggan dari jarak jauh saat ini lebih penting,” kata WhatsApp.

WhatsApp mengatakan lebih dari 40 juta orang melihat katalog bisnis di aplikasi setiap bulan. Fitur Berbagi Katalog yang dirilis tahun lalu ini, pada dasarnya adalah daftar produk yang tersedia untuk dijual, menampilkan gambar, diskripsi, dan harga.

Sekarang, Berbagi Katalog memungkinkan setiap item untuk dibagikan sebagai tautan di situs web dan platform media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram. Jika pengguna ingin berbagi katalog barang dengan teman atau keluarga, mereka dapat dengan mudah menyalin tautan dan mengirimkannya kepada mereka.

WhatsApp menyebutkan bahwa ketika bisnis di seluruh dunia mulai membuka kembali dan memperluasnya secara online, orang akan membutuhkan cara yang sederhana untuk saling berhubungan seperti menanyakan informasi produk yang ingin dijual atau di beli.

WhatsApp juga meluncurkan paket stiker animasi ‘Open for Business’ yang akan tersedia untuk pengguna di aplikasi standar. WhatsApp menambahkan akan terus mencari cara untuk mendukung bisnis kecil.

Menurut laporan IANS WhatsApp Business telah mencapai tonggak baru 50 juta pengguna perbulan secara global dengan hampir sepertiga dari mereka berasal di India. Di India lebih dari 15 juta WhatsApp perbulan pengguna aplikasi WhatsApp Business.(na/hh)