Waspada 11 Aplikasi Android ini Berisi Malware ‘Joker’

logo huawei

Dari Google hingga Samsung, Android merupakan sisitem operasi ponsel pintar paling populer di dunia, namun pengguna ponsel pintar Android harus berhati-hati dengan aplikasi yang telah terinstal. Pasalnya baru-baru ini Android di serang malware jahat.

Malware yang bernama Joker ini memberikan dampak serius. Malware Joker ini merupakan salah satu jenis malware yang paling menonjol untuk Android dan hadir dengan versi baru yang memanfaatkan aplikasi di Google Play Store.

Dilansir dari situs web themirror.co.uk, para peneliti dari firma keamanan siber Check Point telah memperingatkan pengguna Android ada sekitar 11 aplikasi yang dapat menyerang ponsel pintar dengan malware berbahaya.

Peneliti Check Point menjelaskan bahwa malware Joker, salah satu jenis malware paling menonjol untuk Android, terus menemukan jalannya ke aplikasi resmi Google akibat dari perubahan kecil pada kodenya, yang memungkinkannya untuk melewati keamanan dan pemeriksaan penghalang Play Store.

“Namun, kali ini pembuat malware Joker mengadopsi teknik lama dari lanskap ancaman PC konvensional dan menggunakannya di dunia aplikasi seluler untuk menghindari deteksi Google” jelas peneliti di Check Point.

Menurut para peneliti, malware Joker dapat menyusup ke aplikasi yang dianggap resmi dan disediakan oleh Google Play Store, malware ini bersembunyi hitungan jam maupun hari agar tidak terdeteksi oleh sistem keamanan Google Play Store.

Ketika pengguna menginstal aplikasi tersebut, malware ini akan mengikuti kendali pembuatnya. Kemudian malware ini akan memasang paket layanan premium tanpa sepengetahuan dan persetujuan pengguna. Apabila akun Google Play Store terhubung dengan layanan kartu kredit atau debit tanpa sistem otentikasi dua langkah, maka tagihan yang diterima akan mendadak naik.

Malware Joker bisa bersembunyi seperti di aplikasi wallpaper bunga, aplikasi alarm, permainan memori, aplikasi pemulihan file, dan beberapa aplikasi yang menawarkan pesan ceria atau relaksasi.

Check Point menyarankan kepada pengguna Android untuk segera menghapus instalasi aplikasi, kemudian memeriksa tagihan kartu kredit maupun debit jika pengguna terdaftar di Google Play Store, Instal solusi keamanan untuk mencegah infeksi di masa depan.

Berikut ini adalah 11 aplikasi yang terdapat malware :

  1. com.imagecompress.android
  2. com.contact.withme.texts
  3. com.hmvoice.friendsms
  4. com.relax.relaxation.androidsms
  5. com.cheery.message.sendsms
  6. com.cheery.message.sendsms
  7. com.peason.lovinglovemessage
  8. com.file.recovefiles
  9. com.LPlocker.lockapps
  10. com.remindme.alram
  11. com.training.memorygame

(na/hh)