Peramban ini Lindungi Data Pribadi Penggunanya

logo huawei

Tidak ada pengguna internet yang ingin informasi pribadinya bocor saat menjelajahi internet. Peramban yang paling populer dari Chrome dan Safari hingga Firefox memang dapat membantu penggunanya menjaga data pribadi mereka dari pengintaian.

Namun untuk mengamankan peramban-peramban tersebut mungkin memerlukan pengaturan beberapa ekstensi untuk keamanan atau mengutak-atik pengaturan privasi dalam preferensi. Tetapi bagi pengguna peramban yang awam melakukan pengaturan dan mengutak-atik keamanan pada peramban tentunya menjadi sebuah kendala tersendiri.

Seperti dilansir dari CNET, sebuah perusahaan yang berbasis di San Fransisko, Amerika, Brave Software, Inc. telah membuat peramban web gratis bernama Brave yang merupakan aplikasi open-source yang dikembangkan oleh berdasarkan browser web Chromium.

Peramban ini akan memblokir pelacak dan cookie dari pihak ketiga yang memantau aktivitas pengguna saat menjelajahi internet. Peramban ini juga memberi pengguna kendali atas apa yang mereka lakukan dan jika tidak ingin memblokir iklan dan cookie hingga tersedia juga tombol masuk untuk Facebook dan Google.

Pembuat peramban Brave mengatakan bahwa mereka memahami bahwa kebijakan pemblokiran sangat ketat dan memiliki konsekuensi tertentu untuk sebuah situs web. Pengguna tidak akan melihat iklan yang membantu mendukung pembuatan konten sebuah situs web.

Untuk memberikan mengkompensasi pada pembuat konten, Brave mengambil pendekatan cerdas yang memungkinkan pengguna memberikan kontribusi anonim ke situs web yang mereka kunjungi. Penerbit kemudian menerima kontribusi dalam bentuk cryptocurrency begitu mereka memilih ke dalam sistem. Atau, pengguna dapat mengizinkan iklan dan mengaktifkan pelacakan di pengaturan Brave jika pengguna tidak dapat diganggu. Tetapi dengan mengaktifkan pelacakan, pengguna akan kehilangan kendali atas privasi mereka.

Saat ini peramban Brave telah tersedia untuk Windows, MacOS, Android, dan iOS, peramban ini dibangun di atas fondasi yang sama dengan Chrome, yang berarti Brave dapat menggunakan ekstensi Chrome. Bahkan, ketika mereka mengklik ‘Temukan ekstensi dan tema’ di pengaturan Brave, mereka akan dibawa ke Toko Web Chrome untuk menemukan ekstensi dan tema untuk browser.(hh)