Firefox Aktifkan DNS Over HTTPS Untuk Pengguna di Amerika

logo huawei

Mozilla mulai meluncurkan DNS terenkripsi melalui HTTPS (DoH) yang secara default aktif untuk semua pengguna Firefox yang berada di Amerika. Setelah sebelumnya bekerja selama bertahun-tahun untuk meningkat kemampuan protokol Domain Name System (DNS). Hal ini telah membuat marah ISP dan regulator

Seperti dilansir dari situs web ITPro, selama beberapa minggu ke depan para pengguna Firefox akan dapat menggunakan protokol DoH secara default ketika mereka menjelajahi web. Dengan menggunakan protocol ini, berarti lalu lintas web mereka akan sepenuhnya dienkripsi. Teknologi ini akan memblokir intersepsi pihak ketiga dan juga mencegah penyedia layanan internet melihat aktivitas pengguna.

Protokol DNS tetap tidak berubah sejak tahun 80-an dan telah lama dianggap sebagai protokol yang tidak aman. Sementara fundamental struktur internet memungkinkan adanya ancaman seperti serangan dari para peretas.

Pencarian DNS sering dikirim ke server yang memungkinkan pihak ketiga untuk mendapatkan akses ke data pencarian yang dilakukan pengguna serta mendapatkan riwayat penelusuran tanpa sepengetahuan mereka. Ini adalah salah satu metode utama yang digunakan ISP saat menerapkan alat untuk memblokir sebuah situs web.

Mozilla menjelaskan bahwa DNS tidak terenkripsi jadi tidak hanya rentan terhadap mata-mata tetapi juga dapat dieksploitasi. Oleh karena itulah Mozilla membantu membuat internet menjadi lebih aman dengan melakukan pencarian DNS dalam koneksi HTTPS terenkripsi.

Dengan adanya DoH akan membantu menyembunyikan riwayat penjelajahan pengguna Mozilla dari penyerang di jaringan internet serta membantu mencegah pengumpulan data oleh pihak ketiga di jaringan dimana komputer pengguna mengunjungi situs web.

Implementasi DoH Mozilla melibatkan perutean lalu lintas web pengguna ke server DNS yang diselenggarakan oleh Cloudflare atau NextDNS, jadi tergantung pada preferensi mereka, sehingga tidak menggunakan server DNS yang dihosting oleh ISP.

Protokol DoH akan dikonfigurasi secara default untuk pengguna Mozilla di Amerika selama beberapa minggu ke depan. Pengguna Mozilla di luar Amerika dapat mengaktifkan enkripsi ini dengan mengakses menu pengaturan, kemudian pilih menu pengaturan koneksi.

Langkah yang berfokus pada privasi ini menggambarkan pendekatan yang diambil Mozilla dalam beberapa tahun terakhir untuk menyempurnakan dan membedakan browser Firefox miliknya dari sejumlah aplikasi yang bersaing, seperti Google Chrome dan Microsoft Edge.(hh)