Pustaka Digital Bantu Cerdaskan Bangsa Melalui Bacaan

logo huawei

Jakarta – Pengadaan Pustaka Digital (PaDI) adalah sebuah upaya dari Telkom yang ditujukan untuk menjadikan bangsa cerdas dengan kemudahan akses bacaan. Saat ini Telkom telah sukses menyediakan akses PaDi di beberapa lokasi di tanah air.

Tanggal 4 Mei 2016 PaDi diresmikan peluncurannya oleh Menteri BUMN dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana saat itu Menteri BUMN minta untuk disediakan 1.000 lokasi PaDi kepada Telkom.

Menanggapi permintaan dari Menteri BUMN, Alex J. Sinaga, Direktur Utama Telkom memerintahkan seluruh jajaran Telkom Regional dan Telkomsel serta pihak-pihak terkait di Telkom Group untuk membantu dengan memberikan dukungannnya agar penyediaan PaDi dapat berjalan lancar. Seperti dilansir dari detikINET.

Sementara untuk konten yang tersedia di PaDi sendiri adalah hasil kolaborasi bersama para penerbit lokal. Salah satunya adalah hasil kerja sama antara Kementerian BUMN dengan Balai Pustaka, yang berhasil menghadirkan 150 judul buku dari total 1.000 judul buku yang tersedia di PaDi. Kemudian ada 600 lebih buku kurtilas (kurikulum 2015) yang disediakan oleh Kemendikbud dan penerbit Grafindo, Volpen, National Library of Indonesia dan beberapa penerbit lain menyediakan sekitar 250 buku.

Ada beberapa program dan layanan lokasi untuk mengakses PaDi, yaitu melalui Plasa, Wifi Corner, Graparari, Kampung UKM Digital, Pemda program Smart City, Pemkab Bandung, Tong Maju Papua, BUMN Mengajar serta sejumlah program bantuan dari Bina Lingkungan Telkom lainnya. Seperti dilansir dari detikINET.

Pada tanggal 30 September 2016, telah tersedia sekitar 1.030 lokasi yang sudah siap untuk digunakan mengakses PaDi. Lokasi tersebut mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura, termasuk wilayah – wilayah terpencil.

Untuk distribusi PaDi sendiri mulai dari Telkom regional (TR) 1 (Sumatera) sebanyak 217 lokasi, TR 2 (Jabodetabek) 98 lokasi, TR 3 (Jawa Barat) 158 lokasi, TR 4 (Jawa tengah & DIY 117 lokasi, TR 5 (Jawa Timur) 254 lokasi, TR 6 (Kalimantan) 112 lokasi, dan TR 7 (Kawasan Indonesia Timur) sebanyak 74 lokasi. (Sumber data : detikINET)

Di Papua saat ini ada 10 lokasi yang sudah aktif, lokasi tersebut adalah Plasa Sorong, Kampung Kais Sorong, Plasa Telkom Jayapura, Kampung UKM Digital KISMIR, Wifi Corner Plasa Abepura, Wifi Corner Plasa TELKOM Sorong, Kampung UKM Digital Tifa Rusa, Kampung UKM Digital Kerajinan Tangan Manokwari, Kabupaten Deiyai, SMPYPPK kabupaten Dogayai. (Sumber data : detikINET)

Achmad Sugiarto, SVP Synergy and Portfolio telah memperoleh penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden RI, untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga implementasi 1.000 PaDi bisa terwujud.

“Pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih yang sebesarbesarnya kepada semua jajaran di Telkom Group, Kemendikbud, Balai Pustaka, dan penerbit lainnya yang telah bekerjasama dan bersinergi sehingga target penggelaran 1.000 PaDi tahun 2016 dapat diselesaikan pada hari ini,” ujar Achmad, seperti dikutip dari detikINET.

“Dengan selesainya penggelaran 1.000 PaDi hari ini, maka kita dapat lebih matang dalam mempersiapkan penggelaran PaDi tahun 2017 dimana sesuai arahan Menteri BUMN bahwa Telkom harus mengelar 5.000 PaDi tahun 2017,” pungkasnya.