Qualcomm Perbarui Chip Snapdragon

logo huawei

Qualcomm telah mengumumkan beberapa perubahan penting mengenai merek chip Snapdragon-nya, termasuk pergeseran dari sistem penomoran tiga digit yang telah digunakan untuk membedakan produk-produknya selama bertahun-tahun. Berita itu muncul menjelang debut chip unggulan generasi berikutnya yang diharapkan perusahaan pada Snapdragon Tech Summit pada 30 November.

Untuk memulai, Snapdragon sekarang hadir sebagai merek yang berdiri sendiri, terpisah dari merek Qualcomm. Ini adalah arah yang telah dimulai perusahaan pada awal tahun ini (lencana Snapdragon 888 Plus, misalnya, tidak memiliki kata Qualcomm), tetapi berita hari ini memperkuat rencana itu ke depan.

Menurut theverge.com, perubahan terbesar kemungkinan terjadi dalam bagaimana cara perusahaan menangani penamaan produk semikonduktornya. Selama bertahun-tahun, Qualcomm telah memberi label chip-nya dengan nama tiga digit, seperti Snapdragon 480, Snapdragon 765, atau Snapdragon 888.

Angka pertama secara luas menginformasikan kepada pelanggan seberapa kuat chip itu (dengan chip seri 8 berfungsi sebagai flagships, sementara 4  model seri adalah untuk produk entry level). Angka kedua biasanya menunjukkan rilis generasi tahunan (mulai dari Snapdragon 865 ke 875), sementara perubahan pada angka ketiga umumnya menunjukkan pembaruan yang lebih kecil (seperti Snapdragon 765G ke Snapdragon 768G).

Masalahnya, selain sedikit dan membingungkan untuk dilacak, Qualcomm juga kehabisan angka dalam skema penamaannya. Jajaran seri 8 mencapai Snapdragon 888 tahun lalu, seri 7 sudah di Snapdragon 780, dan seri 6 sudah di ambang dengan Snapdragon 695.

Namun, ke depannya Qualcomm mengatakan bahwa penamaan chip akan beralih ke “seri dan nomor generasi satu digit, sejajar dengan kategori produk lain,” dimulai dengan pengumuman mendatang dari seri 8 unggulan berikutnya (yang sebelumnya diharapkan disebut Snapdragon 898, berdasarkan pola lama Qualcomm). Qualcomm sudah menggunakan skema penamaan generasi untuk prosesor Snapdragon PC nya, seperti Snapdragon 8cx Gen 2 atau Snapdragon 7c Gen 2 juga, jadi perubahannya tidak muncul begitu saja.

Sayangnya, Qualcomm tidak benar-benar mengatakan apa skema branding baru itu, meskipun pengumuman itu diharapkan datang di Snapdragon Tech Summit minggu depan. Sebagai gantinya, perusahaan telah menerbitkan gulungan hype yang tidak jelas yang menampilkan nomor delapan banyak untuk menggoda skema penamaan baru yang saat sangat dirahasiakan.

Selain skema penamaan yang belum terungkap, Qualcomm juga mengumumkan beberapa detail lain tentang rencana branding Snapdragon-nya. Ke depan, perusahaan berencana untuk menekankan penggunaan emas untuk menunjukkan produk unggulan papan atas. Hal ini akan berhenti secara eksplisit untuk memanggil 5G pada chip, mengingat bahwa saat ini 5G telah hadir cukup luas.(ra/hh)

%d bloggers like this: