TikTok-ifikasi Spotify Telah Dimulai

logo huawei

Platform besar lainnya mencoba menyalin format TikTok dengan harapan dapat menangkap lebih banyak pengguna. Ini adalah siklus yang pasti akan selalu terulang, misalnya saja seperti TikTok dan kali ini platform yang dimaksud adalah Spotify.

TechCrunch melaporkan bahwa platform streaming musik tersebut mengikuti jejak Instagram, Facebook, Reddit, Pinterest, Netflix, Snapchat, dan lainnya dengan menguji menggunakan umpan video vertikal yang bergulir tanpa henti.

Dalam kasus Spotify, umpan itu akan muncul di tab Discover yang baru dimuncul dan terletak di antara tombol Beranda dan Pencarian, ini akan memungkinkan pengguna untuk membolak-balik, menyukai, atau melewati pilihan video musik yang dilihat.

Fitur ini pertama kali ditunjukkan oleh pengembang Chris Messina, yang mencatat dalam sebuah tweet bahwa feed baru pada dasarnya adalah versi pengupas dari feed dengan gaya seperti TikTok dari video musik vertikal.  Messina berspekulasi bahwa scroll Discover kemungkinan akan menggunakan format Canvas yang sama dengan yang pertama kali diterapkan Spotify pada tahun 2019, yang memungkinkan artis untuk menambahkan klip video dengan resolusi tinggi ke musik mereka di dalam aplikasi Spotify.

Seperti yang dicatat Spotify di masa lalu, data awal menunjukkan bahwa Canvas tampaknya mendorong keterlibatan dengan pengguna yang lebih cenderung berinteraksi dengan lagu yang memiliki fitur tersebut. Dan perlu juga dicatat bahwa tidak seperti Instagram, yang benar-benar berbau keputusasaan dengan fitur Reels yang jelas di bawah standar, Spotify sebenarnya memiliki pijakan yang kuat hanya dengan menjadi platform yang berpusat pada musik. Popularitas video pada TikTok didorong oleh klip musik pendek yang mereka ambil dari platform lain. Jadi siapa bilang kebalikannya tidak berlaku untuk Spotify?

Dilansir dari gizmodo.com, proyek Discover di Spotify masih dalam tahap pengujian tahap awal, jadi tidak ada cara untuk mengetahui pasti apakah kita akan segera melihatnya diluncurkan lebih luas di iOS dan Android dalam waktu dekat. Tapi satu hal yang pasti bisa kita andalkan, ini merupakan hal yang tak terhindarkan dan akan lebih banyak lagi platform yang mulai akan mencoba cosplay sebagai TikTok dalam waktu dekat.(ra/hh)

%d bloggers like this: