Rekomendasi Aplikasi WiFi Analyzer untuk Android

logo huawei

Di masa sekarang, teknologi nirkabel yang dikenal dengan nama wireless fidelity (Wi-Fi) telah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat untuk terus produktif dan terhubung dengan internet. Namun, WiFi sering terkendala karena banyaknya orang yang menggunakan internet dalam waktu bersamaan. Oleh sebab itulah anda memerlukan aplikasi WiFi Analyzer.

Wifi Analyzer adalah aplikasi untuk menganalisis jaringan WiFi di sekitar anda. Anda bisa mendapatkan informasi kualitas sinyal dan saturasi jaringan. Dengan menggunakan WiFi analyzer secara rutin Anda juga dapat memeriksa kualitas jaringan yang diterima perangkat anda dan menentukan jenis koneksi internet yang bakal anda miliki. Aplikasi WiFi Analyzer dapat diunduh gratis melalui Google Play.

Tapi masalahnya, untuk memilih yang terbaik bisa jadi sangat membingungkan. Dilansir dari netspotapp, berikut beberapa rekomendasi aplikasi WiFi Analyzer di Android terbaik yang bisa Anda coba:

1. NetSpot

NetSpot adalah aplikasi yang siap membantu Anda untuk menganalisis koneksi Wifi yang tersambung, baik di rumah maupun ketika berada di tempat umum. Melalui NetSpot, Anda bisa tahu koneksi Wifi mana saja yang tersedia dan perbandingan kuatnya sinyal antara satu Wifi dengan lainnya sehingga Anda bisa mendapatkan Wifi dengan koneksi terbaik.

Anda pun tidak perlu khawatir koneksi Wifi akan jadi lemot karena perubahan sinyal Wifi akan terekam tiap menit oleh aplikasi ini. Bukan hanya itu, NetSpot juga akan memberitahu Anda tentang Wifi yang tingkat keamanannya rendah sehingga resiko penyalahgunaan data pribadi pun juga semakin kecil.

Menariknya lagi, NetSpot siap membantu Anda untuk menyelesaikan masalah trouble-shooting hanya dalam hitungan detik lho! Anda pun tidak perlu memikirkan biaya karena semua fitur yang ditawarkan NetSpot bisa diakses secara gratis tanpa gangguan iklan sama sekali.

2. Wifi Analyzer

Aplikasi ini bisa memunculkan semua detail relevan tentang sinyal WiFi Anda. Anda juga bisa mendapatkan informasi kualitas sinyal dan saturasi jaringan hanya dalam 5 detik.

Pada Wifi Analyzer, Anda bisa melihat grafik yang menunjukkan kualitas sinyal jaringan WiFi terdekat. Dengan cara ini Anda bisa tahu dengan cepat ke jaringan mana Anda akan mendapatkan koneksi terbaik. Dan ada pengukur yang menunjukkan saturasi setiap jaringan yang ditunjukkan secara individual.

Wifi Analyzer ini sangat menarik karena meskipun sangat sedikit menggunakan ruang di perangkat Anda, tetapi bisa dengan mudah menunjukkan jaringan WiFi terbaik yang bisa Anda pilih.

3. Network Signal Info

Berbeda dengan aplikasi buat analisis Wifi di Android sebelumnya, Network Signal Info adalah aplikasi yang bisa membaca kondisi sinyal secara keseluruhan, baik sinyal wifi maupun dari paket data Anda. Aplikasi ini juga menampilkan data yang akurat dari kondisi paket data serta Wifi sehingga Anda bisa tahu sinyal mana yang lebih kuat untuk bermain internet.

Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan informasi dari sistem smartphone sehingga Anda tahu jika ada virus maupun aplikasi lainnya yang bermasalah. Banyak fitur premium yang ditawarkan oleh Network Signal Info, seperti rekaman data kondisi sinyal Wifi dan paket data setiap menit, berapa banyak rerata pemakaian internet Anda, dan masih banyak lagi.(kl)

%d bloggers like this: