Fitur Pencarian Gunakan “Keyword” akan Hadir di Instagram

logo huawei

Instagram adalah salah satu platform media sosial berbagi foto dan video singkat yang banyak digunakan dan sangat populer di dunia. Instagram meluncurkan fitur baru yang akan mempermudah penggunanya untuk mencari postingan menggunakan Keyword (kata kunci).

Perusahaan media social tersebut telah mengumumkan bahwa kemampuan pengguna Instagram untuk menelusuri ini semakin ditingkatkan. Namun fitur pencarian kata kunci ini baru tersedia bagi pengguna berbahasa Inggris di enam negara yaitu Inggris, Amerika Serikat, Irlandia, dan Kanada.

Dikutip dari situs theverge.com, sebelumnya pengguna hanya dapat mencari hashtag atau akun. Misalnya, jika sebelumnya pengguna ingin mencari “resep sehat”, Anda hanya dapat menelusuri postingan yang menandai #healthyrecipes atau akun dengan variasi “resep sehat” pada nama atau biografi mereka.

Sekarang, Instagram akan memungkinkan pengguna mencari kata kunci itu sendiri, yang artinya posting yang menampilkan resep sehat akan muncul, bahkan jika tagarnya hilang.

Juru bicara Instagram mengatakan bahwa tim sedang mempertimbangkan ‘sejumlah faktor’, termasuk ‘jenis konten, keterangan, dan kapan akan diunggah’, dan lebih banyak lagi untuk memunculkan hasil yang relevan. Fitur ini juga menggunakan Machine Lerning untuk “menemukan konten berkualitas tertinggi yang revelan untuk Anda”. Ini merupakan perubahan yang relatif besar untuk memunculkan konten.

Instagram selalu dibatasi dalam menemukan kiriman yang benar-benar pengguna inginkan. Instagram mengatakan hanya istilah tertentu yang dapat dicari.

“Pencarian terbatas pada topik minat umum dan kata kunci yang ada dalam pedoman komunitas Instagram,” kata juru bicara tersebut.

Berdasarkan penelusuran dari situs theverge.com yang telah menerima pembaruan fitur tersebut, yakni kata kunci “vaksin”, “QAnon”, atau bahkan “Trump” atau “Biden”. Namun, pengguna belum bisa menemukan kata kunci “anak anjing”, “pasta”, atau “bunga”.

Fitur pencarian kata kunci ini masih terbatas. Namun, untuk beberapa hal yang tampaknya tidak berbahaya yang dapat dicari orang, kata kunci berguna dan kemungkinan akan membantu pengguna menemukan konten baru yang lebih sesuai dengan apa yang mereka inginkan.(na)

%d bloggers like this: