Sekarang Edit File Microsoft Office di Google Menjadi Mudah

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google telah mengumumkan bahwa pengguna Google Documents, Spreadsheet dan Slide dapat mengedit file Microsoft Office secara langsung tanpa perlu mengonversinya.

Sebelumnya, pengguna harus mengonversi file Office ke format yang didukung oleh Google Documents, atau menggunakan Mode Kompatibilitas Office (OCM) dengan fungsionalitas terbatas.

Seperti dilansir dari TheNextWeb, alasan utama di balik pembaruan ini adalah untuk meningkatkan kolaborasi. Ini adalah prinsip yang digunakan oleh Microsoft pada layanan Office 365 yang saat sudah banyak digunakan oleh pengguna Microsoft.

Sehingga memungkinkan banyak pengguna bekerja pada file yang sama. Google telah menambahkan dukungan untuk dokumen Office yang dapat menyaingi Microsoft yang saat ini berkat dukungan file yang lebih luas.

Namun, sekarang para pengguna tidak perlu khawatir tentang hal tersebut lagi. Pengguna dapat langsung membuka file Microsoft Office di Google Documents dan mulai mengedit. Ini merupakan pembaruan yang dinanti oleh orang-orang yang ingin berkolaborasi dalam mengerjakan sebuah dokumen, selain itu tidak semua pengguna komputer memiliki aplikasi Microsoft Office.

Menurut Google, daftar lengkap file Microsoft Office yang dapat langsung dibuka adalah sebagai berikut:

  • File Word: .doc, .docx, .dot
  • File Excel: .xls, .xlsx, .xlsm, .xlt
  • File Powerpoint: .ppt, .pptx, .pps, .pot

Sebuah daftar dukungan yang cukup luas dan efisiensi yang ditawarkan melalui langkah ini akan sangat berarti untuk para pengguna saat ini sekaligu menarik calon pengguna baru untuk memindahkan tim mereka ke G Suite.

Fitur baru ini akan meningkatan kolaborasi secara online di Google, seperti kolaborasi di Google Documents, Spreadsheet, dan Slide, menggunakan Dropbox Business.

Peningkatan pada fitur layanan Google menjadikannya pesaing yang lebih besar untuk perangkat lunak produktivitas tradisional seperti aplikasi Microsoft Office, yang masih digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi sebagai sumber utama perangkat lunak untuk pekerjaan mereka.

Hal yang sama dilakukan oleh Dropbox Business, kini layanan mereka pun terintegrasi langsung dengan Google Documents, Spreadsheet, dan Slide di dalam G-Suite, sehingga memungkinkan pengguna berkolaborasi pada file yang sama secara langsung dari dalam layanan berbagi file tersebut.

Google telah mengatakan bahwa pembaharuan ini akan tersedia untuk pengguna G Suite pada bulan April atau Mei, tergantung pada jadwal peluncuran. Pemegang Akun Google standar juga akan segera merasakan fungsi baru dari Google ini.(hh)