Situs Pasar Online Bantu Warga Desa Pasarkan Produk Online

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Jakarta – Sebuah situs pasar online akan diluncurkan di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah. Ini merupakan gebrakan baru dibidang teknologi informasi yang ditujukan untuk melibatkan serta mengaktifkan masyarakat desa dalam berwirausaha.

Dalam dunia usaha pemasaran merupakan unjung tombak dari sebuah usaha. Berbagai cara ditempuh untuk membantu pemasaran, dimana salah satunya menggunakan media online, bisa berupa blog ataupun website dan juga melalui media sosial.

Situs pasar online tersebut diberi nama www.pasarmelung.id, sehingga dengan hadirnya pasar online ini mampu membuat produk yang dihasilkan oleh masyarakat desa bisa bersaing serta konsumen pun bisa membelinya secara langsung.

“Arah sebenarnya ingin memutus mata rantai tengkulak agar petani langsung menjual produknya dengan konsumen.” Kata Margino, salah satu staff Desa Melung, seperti dikutip dari detikINET.

Hadirnya situs pasar online ini juga dalam rangka memberi semangat warga desa dalam meningkatkan produksi dan kualitas usaha mereka. Disamping itu juga memberikan sebuah solusi bagi warga desa dalam menentukan harga produk mereka yang selama ini diatur oleh para tengkulak.

Pada umumnya ketika warga desa memasarkan produk mereka tidak berada diposisi yang bisa menentukan harga, karena tengkulak dan pasarlah yang menentukan harga. Tentunya hal ini akan membuat biaya produksi dan harga jual menjadi tidak seimbang, sehingga usaha yang dikerjakan oleh warga desa bentuknya lebih menjadi sebagai usaha sampingan bukan menjadi kegiatan pokok yang dapat secara serius digeluti.

Kepala Desa Melung, Khaerudin menjelaskan bahwa Desa Melung sendiri sudah dikenal sebagai desa internet.

“Maka dari itu, salah satu media untuk menunjukkan potensi di masyarakat adalah dengan layanan internet, yang diharapkan bisa membantu masyarakat memasarkan produknya yang bisa di pantau selama 24 jam dan dibaca oleh calon pembeli. Meningkatkan ekonomi masyarakat lebih sejahtera,” jelasnya.

Dengan hadirnya pasar desa online tentunya bukan hanya warga di Desa Melung saja yang bisa menggunakannya. Namun, warga dari desa lain juga bisa turut menggunakannya untuk mempromosikan produk-produk unggulan desa mereka.

Terwujudnya pasar desa online tersebut merupakan hasil kerja sama dan dukungan dari Si Bisnis, perusahaan pengembang aplikasi berbasis web serta Persaudaraan Agus Sejagad yang memberikan informasi seputar digital marketing.

Aplikasi pasar desa online pertama di Indonesia ini rencananya akan diresmikan oleh Agus Sentosa, Wakil kepala Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).