Telegram Rilis Fitur Filter Pencarian dan Komentar untuk Saluran

logo huawei

Selain WhatsApp dan iMessage, pilihan aplikasi instan messenger lain yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia adalah Telegram. Aplikasi layanan pengirim pesan instan asal Rusia ini menghadirkan banyak fitur melalui pembaruan baru. Pembaruan tersebut mencakup fitur-fitur seperti filter pencarian yang dikategorikan, bagian komentar untuk saluran, admin anonim, dan banyak lagi.

Dilansir dari situs gizmochina.com, Telegram melalui blog menjelaskan fitur-fitur baru yang ada di aplikasi melalui pembaruan terbaru. Dikatakan pembaruan terbaru akan fokus pada membantu admin mengelola konten yang dibagikan sambil menjaga kesopanan dan keamanan interaksi.

1. Filter Pencarian

Filter Pencarian sekarang memiliki enam kategori seperti Obrolan, Media, Tautan, File, Video, dan pesan suara. Pengguna dapat memasukkan istilah pencarian yang berkaitan dengan waktu, orang, grup / saluran, bot tertentu. Dan, filter akan memisahkan pesan yang sesuai. Misalnya, kita dapat mencari “Joel + 15 Agustus”. Ini akan menampilkan pesan tertentu pada hari itu oleh orang tersebut.

2. Komentar untuk Saluran dan admin Anonim untuk Grup

Telegram telah membawa bagian komentar baru di dalam Channels. Tombol komentar akan muncul di pesan yang diposting di Channels. Pengguna dapat memposting GIF, pesan suara, stiker, dan lainnya sebagai komentar untuk postingan itu.

Telegram mengatakan bahwa admin dapat mengontrol komentar dari saluran tersebut untuk menjaga kesopanan. Meskipun demikian, fitur tersebut hanya akan tersedia untuk Saluran yang memiliki grup diskusi terpisah yang ditautkan. Ini karena pengguna akan diarahkan ke grup itu untuk melihat dan membalas komentar tersebut.

Selain itu, Telegram memperkenalkan fitur baru yang disebut admin Grup Anonim. Fitur tersebut telah tersedia untuk Saluran dan sekarang bahkan admin akan berubah menjadi anonim di Grup saat mengirim pesan. Selain itu, pesan yang mereka kirim sekarang akan berada di bawah Tag nama grup.

3. Animasi dan Emoji Baru

Pembaruan juga mencakup pop-up animasi. Fitur ini terbatas untuk Android dan menampilkan animasi yang dirubah saat pengguna menghapus pesan, menyimpan media, mengubah pemberitahuan, dll. Selain emoji animasi baru, pembaruan juga menghadirkan fitur seperti tekan lama pada gambar profil untuk melihat lebih dekat, dan melakukan hal yang sama pada pengalih akun untuk melihat pratinjau daftar obrolan.(na)