Telkomsel Bersiap Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Disaat orang-orang akan menyambut libur natal dan tahun baru, vendor telekomunikasi malah akan semakin sibuk dan tidak akan merasakan hari libur karena pada natal dan tahun baru tersebut, diprediksi akan adanya lonjakan trafik yang sangat signifikan khususnya pada layanan data berbasis 4G LTE.

Telkomsel pun sudah meprediksi hal ini, anak usaha dari Telkom dan Singtel itu memprediksi akan ada kenaikan sebesar 22,6 persen atau mencapai 2.000 Terabyte dibandingkan trafik di hari biasa di tahun 2015.

Sementara untuk layanan suara, Telkomsel memprediksikan jumlah panggilan akan meningkat menjadi 1,64 milyar menit atau naik 6,4% dibandingkan hari-hari biasa. Trafik SMS juga akan diperkirakan naik menjadi 1,04 milyar SMS, atau naik sebanyak 18,8% dibandingkan hari biasa.

“Periode akhir tahun merupakan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam layanan data,” ucap Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Lanjut Ririek, “Seiring dengan terus meningkatnya penggunaan layanan data dari tahun ke tahun, fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima, sehingga para pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan layanan data Telkomsel,”.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Telkomsel akan melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia. Untuk memastikan kesiapan jaringannya, Telkomsel juga telah melakukan uji jaringan di beberapa daerah area maupun jalur utama yang diprediksi akan menjadi destinasi wisata saat hari libur tiba. Telkomsel berupaya untuk terus memastikan kecepatan akses layanan data dan stabilitas koneksi jaringan tetap terjaga dengan mencanangkan program TrueBEx, yaitu untuk menyediakan jaringan boradband terbaik yang tersedia di 30 kota yang juga meliputi 1.000 Point of Interest (PoI).

Telkomsel melakukan sejumlah upaya terutama untuk layanan data, seperti peningkatan kapasitas untuk layanan internet yang ditingkatkan menjadi 370,2 Gbps atau naik sebesar 60% dari tahun 2014.

Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) ditingkatkan sebesar 239 juta pelanggan (naik 11,7% dari tahun 2014). Kapasitas HLR (Home Location Register) sebesar 303,6 juta pelanggan. Sementara kapasitas OCS (Online Charging System) sebesar 162 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Telkomsel memastikan, sebanyak 100.000 BTS yang tersebar di seluruh negeri akan berfungsi dengan baik agar pelanggan menerima pelayanan yang maksimal dimanapun dan kapanpun. Dengan resminya jaringan 4G di Indonesia, beberapa daerah seperti Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, Batam, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Pekanbaru, dan Banjarmasin akan merasakan sensasi mengakses internet dengan kecepatan maksimal saat perayaan natal dan tahun baru tiba.

Pelanggan dipastikan akan tetap menikmati layanan mobile broadband yang terbaik karena Telkomsel telah menghadirkan sebanyak 3.000 BTS 4G di lokasi-lokasi strategis di tiap kota. Untuk mengantisipasi layanan di sejumlah titik keramaian yang diprediksi akan dipadati pelanggan pada natal dan tahun baru, Telkomsel juga mengerahkan sebanyak 93 Compact Mobile BTS (COMBAT). Dari sisi layanan, operator itu juga menyiagakan 392 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.658 outlet siaga, serta didukung pula oleh 73 GraPARI Siaga dan Call Centre yang terus siaga 24 jam tanpa libur. [MFHP]