Tiga Aplikasi Google Ini Bantu Pengguna Ponsel Kembangkan Kebiasaan Yang Sehat

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Bukan sebuah rahasia bahwa banyak pengguna ponsel yang menghabiskan banyak waktu mereka dalam menggunakan ponsel pintar. Itu sebabnya Google telah mengembangkan beberapa aplikasi eksperimental untuk membantu pengguna ponsel pintara mengembangkan kebiasaan yang lebih sehat.

Seperti dilansir dari Android Authority, pertama Google mengembangkan aplikasi Digital Wellbeing dan setelah itu Google telah merilis enam aplikasi eksperimental lainnya yang bertujuan untuk mendorong penggunaan telepon yang sehat. Sekarang, Google telah merilis tiga aplikasi eksperimental lagi, tetapi ketiga aplikasi mungkin belum dapat digunakan secara penuh.

Envelope

Aplikasi eksperimental pertama dari Google disebut Envelope. Envelope menonaktifkan hampir semua fungsi perangkat ponsel pintar hanya kemampuan untuk melakukan dan menerima panggilan telepon saja yang aktif.

Idenya sangat menarik, tetapi rasanya cara yang rumit untuk meraih sebuah kesederhanaan. Di sisi lain, mungkin itulah yang dibutuhkan seseorang untuk membantu menghentikan kecanduan mereka pada ponsel pintar.
Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di Google Pixel 3a dan yang terbaru, karena aplikasi tersebut bersifat open source jadi bisa berubah sewaktu-waktu.

Screen Stopwatch

Aplikasi kedua disebut dengan Screen Stopwatch. Aplikasi eksperimental Google ini menempatkan waktu di depan dan tengah layar ponsel pintar, tujuannya adalah mendorong pengguna ponsel untuk menggunakan perangkat mereka sesedikit mungkin.

Aplikasi ini pada dasarnya adalah wallpaper dengan timer yang secara perlahan akan meningkat waktunya. Timer ini akanya menyesuikan sendiri dengan berapa banyak waktu yang pengguna habiskan pada perangkatnya, dan itu berhenti setiap kali pengguna mengunci ponsel pintar mereka.

Pengguna ponsel pintar juga akan mendengar suara detak yang konstan dan halus saat mereka menggunakan perangkatnya. Tujuannya adalah untuk mengingatkan pengguna agar meminimalkan penggunaan ponsel mata. Pada akhirnya, pengguna akan mengetahui persis berapa banyak waktu yang pengguna habiskan ketika mereka menggunakan ponsel pintar.

Aplikasi ini tersedia di semua perangkat yang menjalankan Android versi 8 dan versi yang terbaru.

Activity Bubbles

Activity Bubbles adalah aplikasi wallpaper hidup lainnya sama seperti Screen Stopwatch. Tetapi perbedaannya ia akan memperlihatkan kepada pengguna berapa banyak waktu yang dihabiskan pada perangkat mereka. Selain itu aplikasi eksperimental Google ini juga memvisualisasikannya dengan lebih kreatif.

Setiap kali pengguna mengakses perangkat mereka, Activity Bubbles akan menjatuhkan gelembung baru di wallpaper perangkat. Semakin lama pengguna menghabiskan perangkat mereka, semakin besar gelembung yang tumbuh.

Pada akhirnya, pengguna dapat melihat berapa kali mereka mengaksesi ponsel, dan mereka juga akan memiliki gambaran umum tentang berapa lama mereka menghabiskan waktu. Aplikasi ini tidak menyediakan metrik yang berguna, tetapi ia menawarkan cara mudah untuk memahami frekuensi penggunaan ponsel.

Sama seperti Screen Stop Watch, Activity Bubbles tersedia di perangkat yang menjalankan Android 8 dan versi yang terbaru.(hh)