Tips Menghemat Paket Data Pada Smartphone

logo huawei

Maraknya penggunaan smartphone saat ini membuat kebutuhan paket ataupun kuota internet semakin meningkat. Namun, ada baiknya di perhatikan agar kebutuhan paket data tidak membuat dompet anda kosong.

Ada dua paket yang sekarang sering digunakan sebagai pilihan yaitu paket internet unlimited dan berdasarkan kuota. Kedua paket tersebut memiliki batas pemakaian yang wajar.

Perbedaannya apabila menggunakan paket unlimited begitu kuota habis kecepatannya berkurang sementara paket kuota langsung terputus.

Pilihan lain ada, tapi harga yang ditawarkan saat ini masih tinggi, yaitu paket internet unlimited, tanpa fair usage policy (FUP). Dengan paket ini pengguna dapat mengakses internet tanpa khawatir kehabisan kuota untuk paket datanya.

Dengan penggunaan paket internet diatas tentunya kita harus pandai berhemat, sehingga tidak membuat penggunaan paket data menghabiskan uang kita. Alternatif solusinya yaitu mencari tempat yang menyediakan paket WiFi gratis untuk menghemat pemakaian data smartphone kita.

Disamping menggunakan WiFi sebagai alternative berikut beberapa tips yang bisa membantu menghemat penggunaan paket data.

1. Memantau pemakaian data

Pada menu pengaturan kita akan dapat menemukan pilihan yang menampilkan pemakaian data dari aplikasi-aplikasi yang kita gunakan pada Smartphone.

Kita juga dapat menggunakan aplikasi dari pihak ke tiga untuk membantu mengawasi konsumsi data. Contohnya saja di Android kita bisa menggunakan aplikasi bernama Onavo Count.

Apabila kita telah mengetahui aplikasi apa saja yang menkonsumsi banyak pemakaian data, maka kita dapat mengatur waktu kapan aplikasi itu kita ingin jalankan. Kita bisa saja mengatur kapan kita ingin menjalankan aplikasi path, misalnya apabila Smartphone terkoneksi ke WiFi maka barulah aplikasi tersebut aktif, ataupun apabila ada bonus paket data dari operator seluler kita bisa mengaktifkannya pada jam-jam dimana bonus paket tersebut aktif.

2. Nonaktifkan update otomatis

Dengan adanya update otomatis memang membuat kita tidak repot, karena aplikasi akan selalu diperbaharui. Namun, adakalanya fitur ini malah membuat kuota data kita cepat habis.

Untuk itu ada baiknya pengguna menonaktifkan fitur ini, kemudian pilih untuk melakukan update applikasi secara manual atau hanya apabila terkoneksi pada WiFi.

3. Kurangi mendownload aplikasi

Saat ini tersedia banyak sekali aplikasi yang menarik untuk digunakan pada Smartphone. Apalagi maraknya aplikasi permainan yang membuat kecanduan penggunanya. Sehingga membuat tidak sadar untuk mendownload berbagai macam jenis aplikasi permainan. Ketika mengunduh aplikasi perlu diperhatikan ukuran file yang akan diunduh. Kebanyakan aplikasi permainan ukuran filenya cukup besar.

Gunakan koneksi WiFI ataupun bonus kuota dari operator apabila ada ketika kita ingin mengunduh aplikasi permainan. Ini akan membantu menghemat penggunaan kuota internet kita.

Permasalahan yang umumnya terjadi yaitu pada aplikasi jejaring sosial, saat mengunduh memang ukuran filenya kecil. Namun, ketika sudah dalam pemakaian ukuran file akan membengkak dengan cepat. Hindarilah mengunggah foto-foto serta merefresh linimasa dari aplikasi tersebut, serta gunakanlah aplikasi tersebut ketika terkoneksi menggunakan WiFi.

4. Bijaksana ketika menonton video online

Hindari menonton video streaming ketika menggunakan koneksi seluler. Gunakan WiFi sebagai alternatif koneksi ketika ingin menonton atau mendownload video.

Bisa juga kita menggunakan fitur menonton video offline di YouTube. Dengan fitur ini kita dapat menonton video pilihan kita ketika terhubung melalui WiFi. Namun, tidak semua video di YouTube dapat diunduh melalui versi offlinenya.

5. Aktifkan kompresi data di browser

Di beberapa browser tersedia fitur untuk mengkompres data. Sehingga fitur ini akan sangat bermanfaat ketika kita perlu menjelajah internet melalui Smartphone.

Beberapa browser yang memiliki fitur kompresi data ini ialah Opera Mini dan Chrome. Mereka akan memakai server mereka sendiri untuk melakukan kompresi data pada situs yang diakses oleh pengguna, sehingga data yang dikirimkan ukurannya lebih kecil.