Wah! Semua Mobil Akan Gunakan Ponsel Pintar Sebagai Kunci

logo huawei

Saat ini kita tentu sudah mengetahui bahwa ponsel pintar dapat digunakan sebagai kuncil mobil. Tentunya jika memiliki kendaraan yang tepat, seperti misalnya Tesla Model 3. Namun, belum ada standar umum untuk penggunaan ponsel pintar sebagai kunci mobil.

Untuk itu ‘The Car Connectivity Consortium’ yang merupakan gabungan dari merek ponsel pintar dan otomotif, telah memposting standar Digital Key 1.0 yang akan memungkinkan pengguna mobil mengunduh kunci virtual yang dapat membuka kunci mobil yang mereka miliki. Bahkan kunci virtual tersebut dapat digunakan untuk menghidupkan mesin dan bahkan berbagi akses dengan pengemudi lain.

Penggunaan teknologi ini berfokus lebih pada sistem keamanan. Jadi setiap produsen mobil akan menggunakan sistem yang dapat diepercaya untuk mengirim kunci digital ke ponsel pintar pemilik kendaraan. Sistem itu menggunakan NFC jarak dekat untuk dapat memberikan akses kepada pemilik mobil. Jadi pemilik mobil tidak bisa membuka kunci mobil dari dalam rumah, karena apabila seseorang yang berniat mencuri mobil, maka mereka pun harus melakukannya dari jarak dekat.

Wah! Semua Mobil Akan Gunakan Ponsel Pintar Sebagai Kunci

Namun, ini akan membutuhkan waktu bagi perusahaan mobil untuk dapat mengimplementasikan fitur tersebut. Jadi pengguna masih harus menunggu, dan masih harus menggunakan kantong mereka untuk menyimpan kuncil mobil.

Apple, LG dan Samsung adalah beberapa produsen ponsel pintar yang ada dialam grup konsorsiun tersebut. Sementara untuk merek mobil ada BMW, Hyundai dan grup Volkswagen. Selain itu ada juga pembicaraan yang mengenai kunci virtual dengan spesifikasi versi 2.0 yang akan menjanjikan lebih banyak interoperabilitas antara mobil dan perangkat seluler pada kuartal pertama 2019.

Dengan adanya standar pengunaan ponsel pintar sebagai kunci digital akan memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang cenderung sering lupa meletakkan kunci mobil. Selain itu fitur seperti ini juga penting untuk mobil masa depan.

Perusahaan seperti Lynk & Co mulai menawarkan fitur berbagi mobil, apakah menawarkan akses sementara untuk anak-anak remaja kita atau menyewakan mobil ke tetangga. Ini juga bisa membuat berbagi kendaraan menjadi hal yang relatif sepele dan menurunkan biaya kepemilikan mobil bagi si pemilik yang jarang menggunakan kendaraan mereka.(hh)

Sumber