WhatsApp dan PayPal Jadi Investor Baru Gojek

logo huawei

Gojek mengumumkan platform perpesanan milik Facebook Inc, WhatsApp dan PayPal Holdings Inc resmi menjadi investor mereka, yang merupakan hasil penggalangan dana yang telah mereka lakukan.

WhatsApp dan PayPal tidak mengungkapkan berapa jumlah investasi yang akan mereka berikan. Seorang investor Gojek mengatakan kepada Reuters bahwa investasi WhatsApp tersebut akan bermakna.

Dilansir dari situs web Nytimes.com, Kepala Operasi WhatsApp Matt Idema mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa perusahaannya akan bekerjasama dengan Gojek untuk mendukung pertumbuhan jutaan usaha kecil.

“Melalui kerja sama, kita bisa membantu jutaan UMKM dan pelanggannya untuk bergabung di komunitas ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” jelasnya.

Langkah ini secara signifikan akan memperkuat eksistensi WhatsApp di Indonesia, di mana WhatsApp memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Sebulan sejak investasi sebesar 5,7 miliar dollar yang telah mereka tanamkan di Digital Reliance Industries Ltd (RELI.NS) India.

Dalam laporan Reuters pada bulan April lalu, Facebook telah berdiskusi dengan Gojek tentang investasi serta kerjasama dengan tiga operator e-wallet di Indonesia, termasuk Gojek dan GoPay untuk meluncurkan layanan pembayaran dompet digital.

Terkait investasi ini, Kepala Pasar PayPal International Cameron McLean mengatakan bahwa kemampuan pembayaran PayPal akan diintegrasikan ke dalam layanan Gojek dan memungkinkan para penggunanya untuk menggunakan GoPay di PayPal secara global.

Gojek didirikan pada 2010 sebagai perusahaan transportasi dan sejak itu telah berkembang menjadi aplikasi yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk melakukan pembayaran online, memesan makanan serta layanan transportasi online. Gojek saat ini telah aktif di empat pasar dan memiliki startup e-wallet di Filipina.

Gojek dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa investor mereka adalah Tencent Holdings Ltd (0700.HK) dan Alphabet Inc (GOOGL.O) Google juga bergabung dengan putaran penggalangan dana terbaru, di mana orang-orang yang memiliki pengetahuan langsung mengenai masalah ini dan memberikan nilasi sebear 10 miliar dollar untuk Gojek.

Gojek mengatakan Tencent dan Google kembali menambah investasi mereka pada penggalangan dana terbaru. Penggalangan dana ini telah mencapai 1,2 miliar dollar pada bulan Maret yang memperlihatkan catatan internal yang ditinjau oleh Reuters.(na/hh)