WhatsApp Rilis Fitur Baru

logo huawei

Aplikasi olah pesan milik Facebook telah mengumumkan bahwa WhatsApp dalam waktu dekat akan merilis beberapa fitur baru untuk para pengguna. Sebelum di rilis, fitur tersebut sudah diuji untuk pengguna dalam jumlah terbatas. Fitur-fitur ini akan tersedia di iPhone, Android, dan aplikasi chat Web.

Dilansir dari situs web Express.co.uk, WhatsApp mengatakan beberapa dari fitur tersebut, seperti stiker animasi, sudah tersedia versi beta-nya. Sebelumnya WhatsApp diketahui meluncurkan stiker pada awal 2020. Namun, stiker animasi ditarik dari versi beta di beberapa minggu terakhir, sehingga banyak yang mengasumsikan bahwa fitur tersebut dibatalkan.

WhatsApp juga menawarkan lebih banyak detail dari emoji yang tersedia di semua OS smartphone dan telah memasukkan stiker GIF miliknya sendiri. Aplikasi pesaing seperti iMessage dan Telegram juga sudah menawarkan versi animasi.

Tak hanya versi mobile, kini WhatsApp merilis mode gelap atau dark mode pada aplikasi versi desktop miliknya .

Fitur mode gelap didesain untuk melindungi mata pengguna dari cahaya terang dengan mengganti beberapa interface yang berwarna putih menjadi hitam. Aplikasi di Windows 10 dan macOS sudah dapat menggunakan fitur ini. Tidak hanya itu, laptop dengan layar OLED juga bisa menghemat baterai saat menggunakan WhatsApp dengan mode gelap.

WhatsApp meluncurkan stiker animasi, agar pengguna dapat lebih ekspresif dalam berkomunikasi di WhatsApp dengan jutaan stiker dapat dikirim setiap harinya.

Peningkatan pada panggilan video dan kemampuan untuk menambah kontak dengan QR code juga ditambahkan pada WhatsApp versi smartphone. Sehingga pengguna tidak perlu lagi menekan angka nomor ponsel, dengan memindai kode QR yang muncul secara otomatis akan menambahkan nomor, nama, foto, serta alamat dan detail lainnya ke aplikasi.

WhatsApp juga turut memperbarui fitur panggilan video. Batas maksimal panggilan video yang sudah ditingkatkan menjadi delapan orang. Tak hanya itu, WhatsApp juga mempermudah pengguna agar memfokuskan panggilan pada satu orang, dengan menekan lama pada satu video dari 8 orang untuk menjadikannya full screen. WhatsApp juga menambahkan icon video di chat grup yang tediri dari 8 orang atau kurang, agar pengguna bisa dengan mudah memulai panggilan video grup dengan hanya satu sentuhan.

Pada fitur status WhatsApp KaiOS, pengguna dapat membagikan status terbaru mereka dan akan hilang secara otomatis setelah 24 jam ditayangkan. Sebagai informasi, KaiOS merupakan sistem operasi untuk feature phone agar bisa bekerja selayaknya sebuah smartphone

WhatsApp mengatakan fitur-fitur ini dibuat untuk meningkatkan kenyamanan serta mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi WhatsApp.(na)