Windows PowerShell Gantikan Command Prompt

logo huawei

Jakarta – Program untuk mengakses konsol peninggalan dari MS-DOS terakhir cmd.exe sepertinya sudah pasti akan hilang dari sistem operasi Windows. Microsoft akan menggantinya dengan PowerShell, seperti dilansir dari computerworld.com.

Mengenai hal tersebut pihak Microsoft menyatakan bahwa mereka tidak akan menghilangkan Cmd dari Windows, mereka hanya mengganti tampilan dan cara mengaksesnya saja. Nanti untuk mengakses jendela konsol tersebut bisa dilakukan melalui File Explorer atau dengan menggunakan tombol pintas [Win] + [X].

Para pengguna masih dapat mengakses Cmd melalui penyetelan dan dapat memilih konsol mana yang mereka ingin gunakan. Konsol yang disediakan yaitu Cmd, PowerShell atau Bash. Sepertinya masih akan banyak pengguna yang akan memilih untuk menggunakan Cmd, karena ini merupakan alat yang masih dianggap sangat penting bagi para pengguna, baik itu dari kalangan pengusaha ataupun para pengembang aplikasi.

Adanya rencana Microsoft untuk mengganti Cmd dengna PowerShell ternyata menimbulkan banyak protes dari pengguna yang telah lama menggunakan Cmd dalam pekerjaan ataupun kegiatan mereka bekerja dengan komputer sehari-harinya.

Seorang pembaca computerworld bahkan menjelaskan kenapa Cmd begitu penting bagi dia. Cmd sudah digunakannya hampir setiap hari, yang membantunya untuk pekerjaan-pekerjaan sederhana. Sementara ketika mencoba menggunakan PowerShell banyak perintah-perintah yang masih tidak berfungsi sesuai harapan. Itu membuatnya menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu agar bisa berfungsi melalui internet.

Beberapa administrator sistem menyatakan bahwa Cmd memberikannya banyak kemudahan dalam pekerjaannya ketika melakukan akses secara remote. Bahkan ia sampai membuka 5 jendela Cmd untuk pekerjaannya tersebut dan ini belum bisa dilakukan oleh PowerShell.

Apabila kita memang masih benar-benar mencintai MS-DOS dan masih ingin menjalankan aplikasi berbasis DOS maka sebagai gantinya kita masih menggunakan FreeDOS. Selain merupakan versi open source dari DOS, sistem operasi ini juga masih kompatibel dengan sebagian besar program MS-DOS.

Bisa dipastikan Microsoft tidak akan lama menyediakan Cmd pada sistem operasi Windowsnya. Namun, dengan adanya FreeDOS kemungkinan besar kita akan masih bisa menjalankan program DOS pada tahun-tahun mendatang. Apabila memang kita ingin memfokuskan pekerjaan kita pada Windows, maka PowerShell merupakan alat bantu kita, karena cepat atau lambat, cmd.exe akan menghilang.(hh)