Natal & Tahun Baru 2015 Menjelang, XL Optimalkan Jaringan

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, natal dan tahun baru selalu menjadi momen penting bagi setiap operator. Trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data, diprediksi meningkat dibandingkan hari-hari normal. Tentunya dengan adanya hal ini, setiap operator telekomunikasi dituntut untuk memberikan layanan yang benar-benar optimal. Tak terkecuali XL, salah satu operator terbesar di Indonesia tersebut telah menyiapkan jaringannya supaya tetap optimal dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik.

Antisipasi Trafik Natal

“Jaringan kami siap setiap saat jika terjadi lonjakan kapan pun, terlebih jika menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru. Meski begitu, kami tetap memastikan aspek di network benar-benar siap. Prediksi kami, seiring dengan semakin terbiasa masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk telpon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS,” ungkap Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya.

Lebih lanjut Yessie menjelaskan bahwa pihaknya saat ini memperkirakan selama libur natal dan tahun baru akan terjadi kenaikan trafik pada semua layanan seperti data, SMS, dan voice. Untuk di layanan data, XL memperkirakan adanya kenaikan sebanyak 15-20%, SMS sebanyak 10%, dan voice sebanyak 5%.

Persiapan yang dilakukan XL dalam menghadapi lonjakan trafik tersebut adalah dengan melakukan penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Biasanya peningkatan trafik pada natal dan tahun baru berbeda dari hari-hari libur panjang lainnya seperti lebaran. Peningkatan trafik di hari natal dan tahun baru terjadi di tempat/area tertentu saja misalnya kawasan rekreasi/hiburan.

“Persiapan yang telah dilakukan oleh XL antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu. Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Services. Selain itu juga melakukan penambahan BTS, penambahan kapasitas, dan juga melakukan optimasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami kenaikan trafik,” jelas Yessie.

XL pun mengoptimalkan jaringan dan penambahan BTS di kawasan Jabodetabek seperti Monas, Bundaran HI, Ancol, Ragunan, TMII, dan kawasan Puncak Bogor. Selain Jabodetabek, XL juga melakukan peningkatan di kawasan bandung (Alun-alun, Dago, dan gasibu), Yogyakarta (alun-alun, Malioboro, dan Pantar Parang Tritis), Surabaya (Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Ria Kenjeran, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Taman Remaja, Ciputra Water Park, House of Sampoerna, dan Monumen Kapal Selam), Bali (Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Renon, Sanur, Tanjung Benoa, dan Ubud), serta tempat lainnya seperti Bandara Hasanuddin Makassar, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan bandara Pattimura Ambon.

Saat ini XL melayani sekitar 41,5 juta pelanggan secara nasional, dengan dukungan lebih dari 56 Ribu BTS (BTS 2G/3G/4G). Selain itu, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 37 ribu km yang menghubungkan hampir semua pulau-pulau utama di Indonesia.