Yuk, kenali Kecanggihan Teknologi Rumah Pintar!

logo huawei

Apa Itu Teknologi Rumah Pintar?

Bagaimana jika semua perangkat dalam hidup dapat terhubung ke internet? Bukan hanya komputer dan smartphone, tetapi semuanya: jam, speaker, lampu, bel pintu, kamera, jendela, tirai jendela, pemanas air panas, peralatan, peralatan memasak, apa saja. Dan bagaimana jika semua perangkat itu dapat berkomunikasi, mengirimkan informasi, dan menerima perintah? Ini semua dapat terjadi karena Internet of Things (IoT), dan IoT adalah komponen penting dalam rumah pintar.

Otomatisasi rumah, persis seperti namanya yaitu dapat mengotomatiskan kemampuan untuk mengontrol berbagai item di sekitar rumah, dari tirai jendela hingga tempat makan hewan peliharaan hanya dengan menekan satu tombol atau perintah suara. Beberapa aktivitas, seperti menghidupkan dan mematikan lampu sesuai keinginan tergolong sederhana dan relatif murah. Hal lainnya, seperti kamera pengintai canggih, memerlukan waktu dan biaya yang lebih besar untuk diimplementasi.

Ada banyak kategori produk rumah pintar, sehingga Anda dapat mengontrol semuanya mulai dari lampu dan suhu ruangan hingga kunci dan perangkat keamanan rumah. Dilansir dari PCMag Asia, Berikut adalah daftar produk terbaik yang bisa Anda coba:

Amazon Echo

Amazon Echo adalah speaker Bluetooth yang didukung oleh Alexa, asisten suara Amazon yang praktis. Alexa bekerja dengan sejumlah perangkat rumah pintar secara langsung, dengan cara kerja “If This Then That (IFTTT)” untuk mengontrol banyak perangkat lain dengan sinkronisasi yang dapat dilakukan sendiri. Anda dapat menggunakan Alexa untuk mengontrol sebagian besar gadget di rumah dengan suara. Anda juga dapat menggabungkan beberapa perangkat lain untuk menambah fungsi dari Amazon Echo.

Google Nest Hub

Jika Anda lebih suka Asisten Google daripada Amazon Alexa, Anda dapat memilih speaker dan layar pintar Nest Hub Google. Jika Google Home Max yang besar menawarkan suara yang dapat memenuhi ruangan, Nest Audio, Nest Mini, dan Nest Hub yang lebih kecil dapat menajdi alternatif yang solid dan lebih terjangkau untuk menempatkan Asisten Google di setiap ruangan rumah.

Sonos One

Selain Amazon dan Alexa dan Google Assistant, alternative yang bisa dipilih adalah Sonos One yang mendukung asisten suara dengan harga yang lebih terjangkau dibanding speaker pintar lainnya dalam. Perangkat ini juga dapat terhubung dengan speaker Sonos lain seperti Arc, Beam, dan Move untuk memberikan kualitas suara yang lebih baik dan memperluas akses asisten suara di seluruh rumah Anda.

Jadi dengan semua perangkat canggih diatas Anda tidak perlu lagi khawatir saat sedang meninggalkan rumah atau sedang terlelap pada malam hari, karena teknologi ini akan bekerja secara otomatis sesuai dengan jadwal yang Anda buat.(kl)