Kini Asisten Virtual Google Bisa Digunkan Pada Headphone Berkabel

logo huawei

Sementara banyak headphone dan earbud nirkabel baru telah dilengkapi dengan dukungan untuk asisten virtual, Google telah memperluas kenyamanan tersebut kepada lebih banyak pengguna headphone berkabel.

Dikutip oleh 9to5Google, sekarang pengguna dapat dengan cepat mengakses fitur Google Assistant di smarthphone Android menggunakan headphone 3,5 mm dan USB-C yang sebelumnya tidak didukung.

Pada pengguna headphone nirkabel perlu menyambungkan perangkat ke headphone dengan Bluetooth dengan memastikan perangkat terhubung ke internet, Aktifkan Bluetooth, nyalakan headphone, kemudian jika perangkat meminta Anda untuk menyambungkan dengan headphone, ketuk Terima. Anda akan mendapatkan notifikasi untuk memulai proses penyiapan Asisten Google.

Saat menyiapkan Asisten Google di headphone, fitur Asisten diaktifkan untuk semua Akun Google aktif di ponsel Anda. Saat Anda berbicara dengan Asisten melalui headphone, Akun Google Anda digunakan untuk memberikan jawaban personal seperti kalender atau email.

Kemudian untuk pengguna headphone berkabel 3,5 mm tidak diperlukan penyiapan, jika saat ini masih menggunakan layanan asisten yang berbeda, pengguna perlu menyetel ulang setelan layanan asisten untuk menggunakan Google Assistant.

Hingga saat ini, integrasi Google Assistant terbatas pada opsi nirkabel atau berkabel yang ‘dioptimalkan untuk dukungan Google Assistant’. Namun Pixel Buds USB-C merupakan salah satu dari sedikit headphone berkabel menawarkan integrasi bebas dengan Google Assistant.

Jika pengguna menghubungkan headphone berkabel dengan smarthphone Android, maka akan muncul pemberitahuan atau notifikasi yang menunjukan bahwa pengguna dapat memanggil Google Assistant dengan menekan tombol tindakan di headphone, tapi sebelumnya pengguna harus mengaktifkan izin akses notifikasi untuk aplikasi Google di pengaturan.

Setelah diaktifkan, Google Assistant dapat membacakan notifikasi yang masuk pada smartphone pengguna tanpa perlu mengetuk layar ponsel. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengatur waktu dan membuat janji temu kalender. Pengguna yang ingin menggunakan fitur ini bisa menekan dan menahan tombol di headphone.

Tentu saja, ini adalah pembaruan yang akan berlaku untuk jumlah pengguna headphone kabel yang semakin berkurang.(na)

%d bloggers like this: