3 Cara Pulihkan Email yang Terhapus Di Gmail

logo huawei

Beberapa orang mungkin sudah terbiasa menerima puluhan hingga ratusan email setiap harinya dan secara tidak sengaja menghapus email yang tidak diinginkan. Hal ini terkadang membuat kita panik karena bisa saja email yang tidak sengaja terhapus berisi email penting.

Dilansir dari situs Ubergizmo, Google menyadari bahwa terkadang pengguna tidak sengaja menghapus email mereka, hal inilah yang membuat Google memberikan beberapa cara berbeda untuk memulihkan email yang terhapus di Gmail. Salah satunya yaitu fitur yang dapat membantu pengguna untuk mengatur email dan memberinya label.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara memulihkan email yang terhapus di Gmail, simak tips berikut ini ya.

1. Gunakan Fitur Undo

Saat Anda menghapus email di Gmail, Anda akan mendapat pemberitahuan kecil yang muncul di pojok kiri bawah Gmail yang bertuliskan “Percakapan dipindahkan ke Sampah” dengan tombol bertuliskan “Urungkan”. Anda dapat mengklik “Urungkan atau Undo” dan ini akan memindahkan email yang terhapus kembali ke kotak masuk Anda atau folder mana pun tempat asalnya disimpan. Perlu diingat bahwa fitur “Urungkan” hanya berlangsung beberapa detik, jadi Anda harus bergerak cepat untuk memulihkannya.

2. Buka Folder Sampah atau Trash

Ketika Anda tidak sempat mengklik tombol Undo, Anda dapat membuka folder sampah pada Gmail, karena Google menyimpan email yang telah dihapus di folder sampah selama 30 hari sejak dihapus. Jika Anda ingin memulihkan email yang terhapus, Anda dapat mengklik Trash yang terletak di sidebar di sebelah kiri Gmail, cari email yang ingin dipulihkan, klik kanan email dan pilih “Pindah ke kotak masuk”, dan email akan kembali ke kotak masuk Gmail.

3. Minta Bantuan Google

Bagaimana jika email terhapus sudah lebih dari 30 hari? Artinya email tersebut sudah terhapus secara permanen dari folder sampah. Apabila hal itu telah terjadi, maka Anda tidak bisa menggunakan fitur yang ada di Gmail.

Bagi pengguna yang memiliki akun G Suite, mereka dapat menghubungi admin IT dan memiliki 25 hari tambahan untuk memulihkan email yang dihapus secara permanen. Sementara untuk pengguna yang memiliki akun Google dan Gmail biasa, ada cara terakhir untuk memulihkan email yang terhapus yaitu meminta bantuan Google. Google memiliki formulir pemulihan “email hilang” yang dapat Anda isi. Sayangnya, tidak seluruh permintaan dapat dipenuhi.(na)

%d bloggers like this: