Google Maps Dukung Mode Gelap untuk Android

logo huawei

Aplikasi Google Maps kini hadirkan mode gelap atau dark mode di Android. Google mengatakan bahwa mode gelap di Google Maps akan segera dirilis ke semua pengguna Android secara global setelah melakukan uji coba sejak September 2020.

Peluncuran mode gelap ini merupakan serangkaian fitur baru yang hadir di Android, termasuk beberapa pembaruan untuk Android Auto. Ketika pengguna mengaktifkan fitur mode gelap, pengguna akan mendapatkan notif “New! Maps in dark theme”. Pengguna yang ingin memasang mode gelap dapat mengaturnya di Pengaturan, kemudian pilih Tema. Ada tiga opsi tema standar yang ditawarkan yaitu “always in light theme”, “always in dark theme”, dan “same as device theme”.

Dengan fitur mode gelap yang saat ini tersedia di Google Maps, beberapa aplikasi utama Google seperti Google Play Store, Gmail, Asisten Google, Chrome, Kalender, Drive, Photos, dan YouTube semuanya mendukung mode gelap.

Dilansir dari situs Arstechinca, Google juga meluncurkan beberapa fitur baru seperti wallpaper khusus dan Android Auto. Android Auto memiliki layar terbagi yang akan menempatkan Maps berdampingan dengan kontrol media, seperti yang Apple mulai lakukan di CarPlay di iOS 13.

Tak hanya itu, Google juga menambahkan pintasan ke layar peluncuran Android Auto, yang memungkinkan pengguna mengakses dengan cepat ke cuaca atau menyetel thermostat dirumahnya. Fitur Android Auto akan segera tersedia untuk semua pengguna yang memiliki smartphone yang menjalankan Android 6.0 dan lebih tinggi.

Google juga mengumumka bahwa Amazon Music kini hadir di sistem operasi decoder Google dengan aplikasi baru yang diluncurkan untuk Google TV (saat ini hanya tersedia di Chromecast terbaru) dan Android TV. Aplikasi ini akan berfungsi mirip dengan Amazon Music di perangkat lain. Peluncuran Amazon Music di TV pintar Google sangat penting, mengingat Amazon dan Google sebelumnya telah melakukan kerja sama untuk layanan konten produk mereka. Amazon Music kini baru tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Brazil, Meksiko, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, India, Jepang, dan Australia.(na)

%d bloggers like this: