4 Layanan Penyimpanan Online Gratis Untuk Foto dan Video

logo huawei

Google Photos sudah lama menjadi primadona bagi pengguna yang ingin menyimpan berbagai file foto dan video ke dalam layanan tersebut dengan gratis dan kapasitas penyimpanan tak terbatas.

Sayangnya, Google mengumumkan mulai 1 Juni 2021 pengguna hanya akan mendapatkan penyimpanan gratis berkapasitas 15GB oleh setiap akun Google yang terdaftar. Padahal sebelumnya, Google Photos memberikan kapasitas penyimpanan besar tanpa batas sejak 5 tahun yang lalu.

Kabar bahwa Google Photos akan menghentikan layanan yang tak lagi unlimited dan gratis membuat para pengguna harus mencari layanan penyimpanan alternatif. Berikut layanan penyimpanan cloud alternatif yang dapat Anda gunakan :

1. MEGA

MEGA adalah layanan penyimpanan cloud yang dapat gunakan untuk menyimpan foto atau video. Ini menawarkan 50GB ruang penyimpanan gratis, tetapi hanya untuk 30 hari. Setelah 1 bulan, pengguna akan mendapatkan penyimpanan cloud 15GB. Selain itu, file dan obrolan di situs ini juga dienkripsi dengan kunci yang dikontrol oleh Anda. Pengguna akan mendapatkan penyimpanan tambahan gratis selama setahun jika merekomendasikan layanan ini kepada teman dan dia mendaftar. Platform ini bahkan memungkinkan Anda melakukan panggilan audio / video.

2.  Amazon Photos

Amazon Photos bisa menjadi alternatif yang baik jika Anda adalah anggota Amazon Prime. Raksasa e-commerce ini menawarkan penyimpanan foto resolusi penuh gratis, tidak terbatas, dan resolusi penuh kepada anggota Prime, serta penyimpanan video 5GB dengan kualitas yang bagus.

Anggota non-Amazon Prime akan mendapatkan penyimpanan foto dan video sebesar 5GB. Layanan ini mirip dengan Google Photos, dan Anda memiliki opsi untuk berbagi foto dan melihatnya sebagai album foto virtual Fire TV, Echo Show, dan tablet Fire. Layanan ini secara otomatis menyinkronkan semua data, sehingga Anda dapat mengaksesnya di mana saja. Untuk penyimpanan 100GB, Anda harus membayar 1,99 dolar per bulan.

3. Degoo

Degoo adalah salah satu alternatif terbaik untuk Google Photos karena Anda mendapatkan 100GB cloud storage. Perusahaan mengklaim bahwa semua file dienkripsi secara end-to-end. Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan hingga 500GB lebih banyak jika Anda mengajak teman untuk mendaftar ke layanan penyimpanan cloud ini. Layanan ini juga menyertakan opsi pencadangan otomatis.

4. Dropbox

Dropbox merupakan jasa penyimpanan cloud yang dapat menjadi alternatif lainnya. Satu akun Dropbox dapat digunakan oleh banyak pengguna. Dropbox memiliki versi gratis dan hanya menyediakan penyimpanan sebesar 2GB.

Jika Anda ingin menggunakan dengan kapasitas besar, Anda akan diminta untuk membayar sebesar 9,99 dolar atau setara Rp 140.000 per bulan untuk penyimpanan dengan kapasitas 2TB.

Layanan ini memungkinkan Anda mengirim hingga 100 MB per transfer, dan 30 hari untuk memulihkan file dari tempat sampah.(na)