Cara Hentikan AirPods agar Tidak Otomatis Terhubung ke Perangkat Apple Lain

logo huawei

Memiliki AirPods atau AirPods Pro, yang mampu secara otomatis terhubung ke perangkat berbeda seperti dari iPhone kemudian ke Mac merupakan ide cemerlang tetapi sekaligus memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi para pengguna.

Diperkenalkan dengan iOS 14 dan macOS Big Sur, AirPods dapat mengetahui perangkat yang ada disekitar kita melalui Bluetooth dan akan beralih ke salah satu perangkat yang ingin didengar.

Bagaimana fitur tersebut memberikan pengalaman yang tidak begitu menyenangkan bagi para pengguna? Jika Anda mendengarkan musik di iPhone kemudian berjalan ke arah dekat perangkat Mac, AirPods Anda dapat beralih secara otomatis meskipun Anda sebenarnya tidak ingin beralih ke perangkat lain.

Begitu juga pengalaman lain seperti Anda tidak dapat menggunakan AirPods untuk panggilan Zoom di Mac karena fitur tersebut membuat airpods terus teruhubung ke iPhone.

Namun pengguna dapat mensiasati kelemahan dari fitur iOS 14 dan macOS Big Sur ini. Dilansir dari appleinsider, untuk membuat airpods terhubung ke perangkat secara manual, Anda perlu melakukan pengaturan ini di semua perangkat Anda.

Cara mematikan pengalihan Bluetooth otomatis di iOS 14

  1. Buka Pengaturan, Bluetooth
  2. Saat AirPods atau AirPods Pro Anda terhubung, ketuk tombol “i”
  3. Geser ke bawah ke bagian Connect to This Phone (atau iPad)
  4. Ketuk untuk memilih When Last Connected to This iPhone (atau iPad)
  5. Tap Kembali

Cara mematikan pengalihan Bluetooth otomatis di macOS Big Sur

  1. Klik Pusat Kontrol di bar menu Anda
  2. Klik pada Bluetooth
  3. Pilih untuk menyambungkan ke AirPods atau AirPods Pro
  4. Klik Preferensi Bluetooth di bagian bawah daftar perangkat Anda
  5. Temukan perangkat Anda di daftar yang muncul
  6. Akan terdapat tombol bertanda Opsi, kemudian klik
  7. Klik pada menu dropdown di sebelah Connect to this Mac
  8. Pilih When Last Connected to this Mac

Anda dapat melewati Pusat Kontrol dan langsung ke bagian Pengaturan Bluetooth. Namun, Anda harus terhubung ke AirPods sebelum Anda memilih tombol Opsi, dan hal ini dilakukan langsung di Pusat Kontrol.

Cara mengaktifkan kembali pengaktifan otomatis

Jika Anda merasa memerlukan fitur otomatis tersebut, Anda dapat mengaktifkannya kembali untuk semua perangkat Anda dengan membalik langkah-langkah di atas.(kl)

%d bloggers like this: