5 Aplikasi Terbaik Untuk Tingkatkan Produktivitas

logo huawei

Selama pandemi Covid-19, para pelajar dan pekerja menjalani belajar dan bekerja jarak jauh. Saat ini hal itu menjadi mungkin dengan adanya aplikasi pendukung seperti Zoom, Slack dan Google.

Dalam hal pekerjaan dan produktivitas, sekecil apapun peningkatan akan membuat perbedaan, inilah mengapa aplikasi bertema produktivitas menjadikan kategori paling banyak dicari di Google Play Store dan Apple App Store.
Beberapa dari aplikasi tersebut menawarkan hal yang sama seperti apa yang sudah ada di smartphone pada umumnya seperti kalender, kontak atau catatan tetapi dengan desain yang lebih bagus dan fitur tambahan. Sementara yang lainnya berfokus ke fungsi spesifik untuk mengatur kehidupan dan juga pekerjaan, mulai dari memindai dan menyortir resi atau mengelola pekerjaan hingga merencanakan belanja makanan atau mengelola uang jajan anak.

Dilansir dari situs theguardian.com, berikut aplikasi terbaik yang dapat membantu dan mungkin sesuai untuk Kamu!

1. Family Wall (Android/Apple, gratis + opsi langganan)

Semakin besar rumah tangga anda, semakin sulit juga untuk mengatur dan mengoordinasi masing-masing anggota. FamilyWall masuk di golongan aplikasi pengelolaan rumah tangga, dengan kalender bersama, pekerjaan rumah dan daftar belanja, hingga fitur perpesanan. Selain itu Kamu memiliki opsi langganan premium untuk menambahkan beberapa fitur.

2. Focus (Apple, langganan)

Jika Kamu sedang bekerja dari rumah saat ini, Focus adalah aplikasi cerdas yang tepat untuk membantumu mengatur waktu. Aplikasi ini menyusun hari Kamu ke beberapa bagian pekerjaan berdurasi 25 menit, dengan tugas dan waktu istirahat. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melacak tugas, dari tugas rumah tangga hingga tugas kantor/sekolah. Setelah tiga hari free trial, Kamu perlu berlangganan untuk melanjutkan akses.

3. Kitche (Android/Apple, gratis)

Aplikasi seperti Kitche seringkali luput dari perhatian, tapi jika Kamu orang yang sibuk atau menginginkan hidup yang lebih sehat, aplikasi ini patut anda coba. Kamu bisa memindai resi dari supermarket jadi Kitche tau makanan apa yang kamu beli, dan akan membantu merencanakan menu berdasarkan apa yang ada di kulkas kamu. Aplikasi ini juga akan memberitahu Kamu jika ada makanan yang mendekati kadaluwarsa.

4. Evernote (Android/Apple, gratis + opsi langganan)

Pernah ngga sih, kamu tiba-tiba punya ide cemerlang dan pengen langsung dicatat biar bisa mengekspresikan semua ide kamu pada saat itu juga? Kalo kamu pakai Evernote, semua hal itu bisa kamu lakukan dengan mudah. Lebih dari catatan, Evernote dapat kamu gunakan untuk menyimpan semuanya mulai dari momen pribadi hingga proyek bisnis.

Semua catatan ini akan selalu aman dan bisa kamu akses kapan pun kamu mau dari mana saja dan kapan aja. Untuk versi gratis, kamu dapat menggunakan Evernote mulai dari diakses hingga dua perangkat, kapasitas 60 MB per bulan untuk unggah, dan ukuran catatan hingga 23 MB.

5. Actions by Moleskine (Android/Apple, langganan)

Akhir-akhir ini Moleskine tidak hanya memproduksi buku catatan fisik dan buku harian, mereka juga memiliki berbagai aplikasi penunjang produktivitas. Actions adalah aplikasi daftar tugas yang minimalis tetapi penuh warna, aplikasi ini akan membantu pekerjaan kantor dan juga kehidupan di rumah kamu. Action membuat pengingat rutinitas harian dengan sangat mudah. Aplikasi ini dimulai dengan free trial, baru kemudian langganan berbayar.(kl)