6 Aplikasi Yang Mempermudah Kamu Melakukan Work From Home

logo huawei

Di tengah kasus virus Covid-19 di Indonesia yang terus bertambah sampai dengan hari ini, mendorong masyarakat mengandalkan internet untuk menjaga konektivitas dengan keluarga, teman, dan pekerjaan. Pemerintah menerapkan aturan Social Distancing dimana kita diharuskan menjaga jarak. Pemerintah juga mengimbau kepada perusahaan agar mengeluarkan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah. Hal ini bertujuan untuk menghambat proses penularan dan penyebaran virus Covid-19.

Agar pekerjaan dan komunikasi berjalan dengan baik saat bekerja dirumah, salah satu yang dibutuhkan adalah aplikasi yang dapat membantu dan mempermudah para karyawan agar tetap terhubung satu sama lain. Berikut 6 Aplikasi yang bisa digunakan di laptop maupun smartphone anda untuk menunjang aktivitas selama Work From Home:

1. Zoom

Aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk menggelar konfrensi video, mengirim pesan. Melansir dari OWL Labs, aplikasi ini memiliki beberapa fitur paket berdasarkan ukuran dan kebutuhan bisnis. Fitur bagi tingkat perusahaan mencakup peserta hingga 200 orang, penyimpanan cloud tanpa batas, email khusus, URL pertemuan. Aplikasi Zoom tersedia di platform mobile untuk Android dan iPhone dan dapat digunakan di komputer maupun laptop.

2. Google Hangout

Aplikasi ini bisa digunakan untuk anda yang ingin melakukan rapat online secara gratis. Penggunanya juga bisa mengirimkan dan membagikan data atau dokumen melalui cloud dari Google Drive. Pengguna bisa menggunakan fitur G Suite yang jauh lebih lengkap dengan biaya langganan mulai dari RP. 100.000 per bulan.

3. Skype

Skype buatan Microsoft ini memang dimaksudkan untuk menjadi aplikasi chat dan online meeting yang terintegrasi baik melalui komputer atau versi mobilenya. Selain mudah digunakan, Skype memiliki fitur yang cukup lengkap seperti group video call, mengirim data atau dokumen, dan screen share.

4. Slack

Slack adalah aplikasi berbasis pesan instan yang biasa digunakan untuk keperluan kantor. Slack memiliki kanal-kanal obrolan yang biasa diatur berdasarkan topik dan dapat melalukan presentasi tanpa harus membuka atau melakukan screen share. Slack juga bisa menjadi aplikasi khusus untuk melakukan rapat karyawan dengan fitur group video call-nya.

5. Whatsapp

Aplikasi yang satu ini memang sudah tak asing lagi. Selain dapat mengirim pesan dan melakukan panggilan secara personal. Whatsapp juga memiliki fitur group-call yang memudahkan anda untuk melakukan rapat secara online.

6. Ms. Teams

Microsoft juga mempunyai layanan serupa yang dinamakan Office 365. Salah satunya Ms.Teams, aplikasi ini bisa anda gunakan untuk berkomunikasi atau menggelar rapat sekalipun dengan rekan kerja. Microsoft Teams menyatukan aspek-aspek Office 365 secara mendalam. Pengguna dapat mengadakan pertemuan melalui video dan suara, sambil bekerja dengan dokumen Microsoft Office, di dalam Microsoft Teams.(na)