Google Gunakan Machine Learning Untuk Tingkatkan Kualitas Panggilan Duo

logo huawei

Google telah meluncurkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas audio dalam panggilan Duo ketika tidak dapat mempertahankan koneksi yang stabil. Teknologi ini disebut WaveNetEQ.

Seperti dilansir dari situs web The Verge, teknologi ini didasarkan pada teknologi dari divisi DeepMind Google yang bertujuan untuk mengganti jitter audio dengan suara buatan yang terdengar seperti ucapan manusia, yang dihasilkan menggunakan Machine Learning.

Jika kita pernah melakukan panggilan melalui internet, kemungkinan kita akan mengalami ketidak stabilan pada audio. Ini terjadi ketika paket data audio yang dikirim sebagai bagian dari panggilan hilang dalam transmisi atau ada keterlambatan. Google mengatakan bahwa 99 persen panggilan Duo mengalami kehilangan data pada saat transmisi sebesar 20 persen.

Setiap aplikasi panggilan harus berurusan dengan kehilangan paket ini, tetapi Google mengatakan bahwa proses penyembunyian packet loss (PLC) ini dapat berjuang untuk mengisi kesenjangan selama 60ms atau lebih tanpa terdengar seperti suara robot atau berulang-ulang. Solusi WaveNetEQ didasarkan pada teknologi jaringan saraf DeepMind, dan telah dilatih tentang data dari lebih dari 100 speaker dalam 48 bahasa yang berbeda.

Ada batasan berapa banyak audio yang dapat diganti oleh sistem. Teknologi Google dirancang untuk menggantikan suara pendek, bukan keseluruhan kata. Jadi setelah 120 ms, data akan memudar dan menghasilkan keheningan. Google mengatakan mereka akan mengevaluasi sistem untuk memastikan itu tidak memperkenalkan suara baru yang signifikan.

Selain itu, semua pemrosesan juga perlu dilakukan di perangkat karena panggilan Google Duo dienkripsi secara end-to-end secara default. Setelah audio panggilan nyata dilanjutkan, WaveNetEQ akan mengkembalikan pada kondisi nyata.

Ini adalah teknologi yang cukup rapi yang seharusnya membuat panggilan jauh lebih mudah untuk dipahami ketika ada kegagalan pada koneksi internet. Teknologi ini sudah tersedia untuk panggilan Duo pada ponsel Pixel 4, berkat penurunan fitur handset pada bulan Desember 2019. Google juga mengatakan bahwa mereka sedang dalam proses meluncurkan teknologi tersebut ke handset lain yang tidak disebutkan namanya.(hh)