Ada Bug di Instagram Kamera Aktif Meski Tak digunakan

logo huawei

Instagram adalah salah satu layanan media sosial yang banyak digunakan dan sangat populer di dunia. Media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video ini mampu bersaing dengan Facebook dan Twitter.

Namun baru-baru ini beberapa pengguna Instagram melaporkan bahwa mereka melihat adanya indikator ‘kamera menyala berwarna hijau’ saat menggunakan Instagram padahal mereka hanya melihat feed dan tidak mengambil foto atau video. Masalah ini terjadi pada Mode beta iOS 14.

Indikator ‘kamera aktif’ diperkenalkan di pembaruan perangkat lunak terbaru Apple. iPhone akan menampilkan indikator ‘kamera aktif’ setiap kali aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera. Indikator akan menyala saat pengguna akan mengambil foto atau video di Instagram, pengguna telah memperhatikan bahwa indikator itu juga aktif ketika mereka hanya melihat feed mereka.

Juru bicara Instagram mengatakan bahwa hal itu adalah bug dan sedang diperbaiki. Mode ini membuat aplikasi dapat diakses dari kamera Instagram yang dapat mematikan indikator kamera, dan mengesernya ke Kamera dari Umpan aplikasi juga dapat meningkatkannya.

“Kami hanya mengakses kamera pengguna ketika mereka menggeser dari Feed ke kamera. Kami menemukan masalah itu dan kami sedang memperbaiki bug di iOS 14 Beta yang memperlihatkan beberapa orang menggunakan kamera ketika mereka tidak melakukannya,” kata juru bicara Instagram.

Instagram mengatakan bug yang saat ini terjadi sedang dalam proses perbaikan. Instagram memastikan tidak mengakses kamera pengguna dan tidak ada konten yang direkam.

Masalah ini merupakan hal baru dari Mode Beta iOS 14. Beberapa aplikasi iOS, termasuk TikTok, LinkedIn, dan Reddit ditemukan mengakses konten clipboard dari pengguna, karena setiap kali aplikasi pihak ketiga mengakses clipboard dari perangkat dengan iOS 14, akan ada pemberitahuan yang muncul

Perusahaan induk TikTok, ByteDance yang berbasis di Beijing, telah mengatakan awal tahun ini mereka berencana untuk berhenti mengakses clipboard perangkat. Perusahaan mengatakan bahwa mereka telah mengirimkan pembaruan ke App Store untuk menghapus fitur, yang dianggap sebagai tindakan “anti-spam”.

Perusahaan mengatakan fitur itu tidak pernah diperkenalkan ke perangkat Android. LinkedIn mengatakan telah menghentikan teknik penyalinan clipboard dan Reddit mengatakan sedang memperbaiki kode yang menyebabkan kesalahan dalam aplikasinya.

Perusahaan induk Instagram, Facebook sebelumnya juga telah memperbaiki bug di aplikasinya di iOS tahun lalu dengan kasus yang hamper sama yaitu mengaktifkan kamera perangkat di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna.(na/hh)