Pantau Anak Main Gawai, Microsoft Luncurkan Aplikasi Family Safety

logo huawei

Raksasa perangkat lunak Microsoft meluncurkan aplikasi Family Safety usai uji coba beberapa bulan terakhir, sekarang aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android. Aplikasi Family Safety dirancang untuk para orang tua yang ingin mengelola penggunaan layar dan penggunaan aplikasi.

Dilansir dari situs web theverge.com, orang tua bisa menggunakan aplikasi Family Safety untuk menerima laporan tentang penggunaan aplikasi secara keseluruhan secara screentime, bahkan menetapkan batas waktu aplikasi anak-anak.

Microsoft Family Safety juga menyinkronkan di Windows, Xbox, dan Android, sehingga batas waktu untuk game dan aplikasi akan disinkronkan di beberapa perangkat. Ini akan mencegah anak-anak dari menukar perangkat untuk mendapatkan jam tambahan untuk bermain Minecraft atau Fortnite, karena aplikasi tertentu bisa sepenuhnya diblokir.

Microsoft juga menambahkan filter pencarian untuk web untuk membatasi browsing, kemudian mengarahkan ke situs ramah anak. Filter ini berfungsi di peramban buatan Microsoft Edge di Windows, Xbox, dan Android. Namun sebagian besar filter penyaring layar dan konten ini terbatas disisi seluler yaitu Android, Microsoft juga mengatakan bahwa mereka akan membawa filter yang sama ke iOS.

Aplikasi Family Safety memiliki beragam kegunaan, aplikasi ini juga mampu untuk mengunci pengeluaran biaya pada akun email yang ditujukan untuk permintaan pembelian, sehingga akan membantu mencegah munculnya tagihan ribuan kartu V-bucks.

Aplikasi Family Safety juga bisa digunakan untuk berbagi lokasi antar anggota keluarga. Microsoft menambahkan fitur pengelompokan lokasi baru selama fase beta, yang memungkinkan untuk melihat banyak orang di lokasi yang sama.

Microsoft juga berencana untuk menambahkan pemberitahuan ketika anggota keluarga tiba atau meninggalkan lokasi, fitur ini akan tersedia bagi pengguna premium atau pelanggan Microsoft 365.

Pelanggan Microsoft 365 juga dapat menggunakan fitur keamanan mengemudi dan membantu orang membangun kebiasaan mengemudi lebih baik dengan memberikan wawasan tentang perilaku mengemudi.

Microsoft tidak mengatakan kapan tepatnya akan merilis fitur ini, tetapi fitur keamanan bagi pengemudi ini rencananya akan diluncurkan di negara Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Kanada.(na/hh)