Apa itu Health Connect oleh Android

logo huawei

Ponsel cerdas dan perangkat yang dapat dikenakan telah memudahkan siapa saja untuk melacak kesehatan dan kebugaran mereka. Masalahnya adalah ada begitu banyak aplikasi untuk dipilih, dan mereka tidak bekerja bersama. Di situlah Health Connect oleh Android diperlukan.

Apa Itu Health Connect oleh Android?

Health Connect diumumkan di Google IO pada Mei 2022. Mengikuti kolaborasi Google dan Samsung pada Wear OS 3 untuk Galaxy Watch 4, kedua perusahaan bekerja sama untuk mengerjakan Health Connect juga.

Ide di balik Health Connect adalah untuk mempermudah sinkronisasi data kesehatan dan kebugaran antar aplikasi Android. Beberapa aplikasi dapat dihubungkan ke Health Connect, dan kemudian mereka dapat berbagi data kesehatan Anda (dengan izin Anda) antara satu sama lain.

Mulai November 2022, Health Connect by Android tersedia di Play Store dalam Akses Awal. Aplikasi yang didukung termasuk Google Fit, Fitbit, Samsung Health, MyFitnessPal, Leap Fitness, dan Withings. Aplikasi Android apa pun dapat memanfaatkan API Health Connect.

Berikut beberapa data yang dapat disinkronkan dengan Health Connect:

  1. Aktivitas: Berlari, berjalan, berenang, dll.
  2. Pengukuran Tubuh: Berat badan, tinggi badan, BMI, dll.
  3. Pelacakan Siklus: Siklus menstruasi dan tes ovulasi.
  4. Nutrisi: Asupan makanan dan air.
  5. Tidur: Durasi, waktu bangun, siklus tidur, dll.
  6. Vitals: Denyut jantung, glukosa darah, suhu, kadar oksigen darah, dan lain lain.

Menurut howtogeek.com, Health Connect dengan jelas menampilkan aplikasi mana yang memiliki akses ke data pribadi Anda, dan Anda dapat dengan mudah mencabut akses kapan pun Anda mau. Selain itu, data Anda dienkripsi di perangkat Anda untuk perlindungan ekstra.

Haruskah Anda Menggunakan Health Connect?

Health Connect ditujukan untuk orang-orang yang data kesehatan dan kebugarannya tersebar di beberapa aplikasi. Menyimpan beberapa informasi yang sama pada layanan terpisah bisa sangat mengganggu.

Singkatnya, jika Anda menggunakan beberapa aplikasi kebugaran di ponsel Android dan pelacak kebugaran Anda, mungkin ada baiknya mencoba Health Connect. Anda sudah memiliki banyak data kesehatan di luar sana, jadi mengapa tidak membiarkannya bekerja sama dengan Anda.(ra/hh)

%d bloggers like this: