Apakah Aman Untuk Mengisi Daya Telepon Semalaman?

logo huawei

Seperti yang kita ketahui. terkadang Tablet atau laptop kerja kita terbiasa dengan dicolokkan ke stopkontak dalam waktu 24/7 demi kenyamanan baik baterai habis atau tidak.

Kita tidak terlalu memikirkan kebiasaan pengisian daya sampai sesuatu yang drastis terjadi, seperti baterai ponsel yang menggelembung atau lebih buruk lagi, kebakaran yang disebabkan oleh meninggalkan perangkat mobilitas pribadi kita untuk mengisi daya semalaman seperti yang terlihat dalam laporan berita.

Kemudian, paranoia muncul dan Anda mulai bertanya-tanya. Apakah boleh mengisi daya apa pun yang dapat diisi ulang semalaman? Bisakah Anda melakukan over-charge? Bahkan saat Anda tidak tidur, bolehkah meninggalkan perangkat dalam keadaan tercharge sepanjang hari?

Dilansir dari cnalifestyle.channelnewsasia.com, mereka menghubungi departemen teknik listrik dan elektronik dari Universitas Teknologi Nanyang untuk mengetahui apakah kami mengisi daya ponsel dan gadget lainnya dengan benar. Dan ternyata, kebiasaan rutin kita mungkin sebenarnya tidak membantu perangkat kita.

Menariknya, baterai tidak bertahan 100 persen sepanjang malam. menurut artikel Time, Baterai akan turun sedikit karena gadget menggunakan sedikit daya untuk membuatnya tetap berjalan di latar belakang. Setiap kali ada penurunan energi, pengisi daya akan menyala dan mengisi baterai kembali hingga 100 persen. Ini dikenal sebagai pengisian tetesan.

Jadi, apa masalahnya? Pertama, baterai lithium-ion yang memberi daya pada ponsel atau laptop Anda sebenarnya tidak suka diisi penuh, menurut situs web Battery University. Faktanya, tegangan tinggi dari muatan penuh membuat tegangan ini keluar.

Selain itu, kapasitas baterai lithium-ion mulai berkurang setelah Anda mulai mengisi daya dan terus menurun. Setiap kali Anda mengisi daya ponsel, Anda sedikit menghabiskan baterai. Ini juga dicatat pada halaman dukungan online seperti Apple, yang menyebutkan bahwa kapasitas baterai menurun setelah durasi pengisian tertentu.

Dan ini juga berlaku untuk peralatan rumah tangga, mulai dari penyedot debu yang mahal hingga sikat gigi elektrik yang terjangkau, asalkan ditenagai oleh baterai lithium-ion.

%d bloggers like this: