Aplikasi Cloud Storage Terbaik 2020

logo huawei

Sekarang, hampir semuanya orang menggunkan cloud storage untuk tempat penyimpanan alternative berbagai jenis file yang ada. Seperti video, foto, dokumen, dan music. Penyimanan ataucloud storage merupakan teknologi penyimanan pada data atau file secara digital atau online dengan adanya server virtual untuk media penyimpanan.

Cloud storage atau penyimpanan awan adalah teknologi penyimpanan data/file digital secara online dengan bantuan server virtual sebagai media penyimpannya. Di dalam cloud storage, data apa saja akan disimpan dengan aman dan dapat diakses kapan pun dibutuhkan oleh si pemilik akun selama ada jaringan internet.

Dengan banyaknya opsi berbeda untuk penyimpanan cloud, penting bagi anda untuk memilih provider yang akan menyediakan jumlah penyimpanan dan bandwidth yang optimal, di samping menjaga data anda agar tetap aman.

Dilansir dari web itportal.com, berikut beberapa aplikasi cloud storage terbaik yang bisa kamu coba untuk menyimpan data dan file penting:

1. iDrive

Keunggulan terbesar IDrive adalah mereka juga mengaplikasikan ke drive jaringan, yang berarti mencakup semuanya dari server ke perangkat seluler. Pengguna dapat berbagi file via email, Facebook, dan Twitter, dan mengembalikan hingga 30 file cadangan ke versi sebelumnya.

bicara tentang pencadangan, IDrive menawarkan opsi IDrive Express yang memberikan anda drive hard disk fisik untuk berjaga-jaga jika seandainya anda kehilangan semua data anda, yang membuat pencadangan file lebih cepat dan mudah. Layanan ini tidak serta merta menghapus file cloud setelah anda menghapus sesuatu di hardware anda, jadi tidak ada lagi resiko menghapus data penting tanpa disengaja.

Penikmat fotografi akan senang mendengar bahwa ada fitur pengenal wajah yang secara otomatis mengorganisir foto dan menyinkronkannya di semua perangkat anda yang terhubung. Bisnis juga dapat ikut serta untuk IDrive, dengan pengguna tak terbatas, sistem masuk tunggal, cadangan server, dan dukungan prioritas sebagai bagian dari paket.

2. pCloud

Datang dari Swiss, pCloud tidak memberi limit dalam hal ukuran file, membuatnya sangat ideal untuk menyimpan file besar, meskipun ada beberapa limit yang berkaitan dengan bandwidth. Layanan ini mencakup semua platform desktop dan seluler, dengan login web-based yang juga tersedia. Anda punya opsi untuk mengeluarkan uang tambahan, secara bulanan/tahunan/seumur hidup, untuk fitur pCloud Crypto agar file individu anda terkenkripsi.

Perlu dicatat juga bahwa paket yang ditawarkan juga termasuk langganan seumur hidup, yang cukup asing untuk layanan cloud. Setiap paket datang dengan remote upload traffic yang tidak terbatas dan trash history 30 hari, yang berbeda hanya besar penyimpanan dan download link traffic: masing-masing 500GB untuk paket premium dan 2TB untuk paket premium plus.

3. Mega

Paket gratis sebesar 500GB sangat langka bagi sebuah penyimpanan cloud, ditambah dengan UI sederhana dan kemampuan untuk drag-and-drop, maka anda dapat memiliki salah satu solusi penyimpanan cloud terbaik. Aplikasi seluler bisa digunakan untuk upload file dan foto, sementara pengguna desktop dapat menggunakan sync client.
Sebagai salah satu temuan dari Kim Dotcom, Mega memungkinkan anda untuk menyimpan file melalui koneksi terenkripsi dan terus mempertahankan kontrol atas kunci enkripsi anda.

Yang secara efektif mencegah pihak lain, termasuk si provider, dari memindai konten anda. Sebagai tambahan, sync client yang ditawarkan adalah open source dan terbuka untuk pemeriksaan kerentanan, semakin menambah tingkat keamanan dari layanan yang sudah aman.(kl)