WhatsApp Hadirkan Penghapusan Pesan Otomatis

logo huawei

WhatsApp baru-baru ini memperkenalkan fitur baru yaitu ‘Penghapusan Pesan Otomatis’. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mengirim pesan kepada seseorang yang dapat menghilang setelah tujuh hari setelah mengaktifkan disappearing messages.

Fitur baru dari WhatsApp ini mirip dengan fitur yang tersedia di secret chat Telegram. Fitur pesan menghilang mungkin tidak sebagus self-destruct timer Telegram. Namun jika anda menjadi pengguna WhatsApp, fitur ini patut dicoba.

Dilansir dari situs ladbible.com, WhatsApp telah merilis panduan tentang cara menggunakannya di bagian FAQ di situsnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai mengaktifkannya.

“Anda dapat mengirim pesan yang hilang di WhatsApp dengan mengaktifkan pesan menghilang. Setelah diaktifkan, pesan baru yang dikirim dalam obrolan individu atau grup akan hilang setelah tujuh hari. Pilihan terbaru mengontrol semua pesan dalam obrolan” kata WhatsApp dalam sebuah postingan blognya.

“Setelan ini tidak akan memengaruhi pesan yang sebelumnya Anda kirim atau terima dalam obrolan. Dalam obrolan individual, pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang hilang. Dalam obrolan grup, hanya admin grup yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pesan yang hilang” tambahnya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna cukup membuka obrolan WhatsApp yang ada kemudian ketuk nama kontak dan pilih ‘Pesan yang Menghilang’. Jika diminta, tekan ‘Lanjutkan’ dan pilih ‘Aktif’. Untuk menonaktifkan, cukup ikuti instruksi yang sama tetapi tekan ‘Off’ sebagai gantinya.

WhatsApp menjelaskan bahwa jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama periode tujuh hari ini, pesan akan hilang, tetapi pratinjau pesan mungkin masih ditampilkan dalam pemberitahuan sampai aplikasi dibuka.

Biasanya saat pengguna membalas pesan, pesan awal dikutip, dan jika pengguna membalas pesan yang hilang, teks kutipan mungkin tetap ada dalam obrolan setelah tujuh hari. Jika pesan menghilang diteruskan ke obrolan di mana fitur pesan menghilang dimatikan, pesan tidak akan hilang dalam obrolan yang diteruskan.

Terlebih lagi, jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan menghilang, pesan yang menghilang akan disertakan dalam cadangan, dengan pesan yang menghilang dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

WhatsApp juga menyarankan kepada penggunanya untuk menggunakan pesan menghilang dengan ‘individu tepercaya’, karena ada kemungkinan seseorang untuk meneruskan atau mengambil tangkapan layar dari pesan yang menghilang dan menyimpannya sebelum menghilang seperti menyalin dan simpan konten dari pesan yang hilang sebelum menghilang dan ambil foto pesan yang menghilang dengan kamera atau perangkat lain sebelum menghilang.

“Secara default, media yang Anda terima di WhatsApp akan secara otomatis diunduh ke foto Anda. Jika pesan menghilang dihidupkan, media yang dikirim dalam obrolan akan hilang, tetapi akan disimpan di telepon jika unduh otomatis aktif. Anda dapat mematikan unduhan otomatis di WhatsAppSettings> Data and Storage Usage ” kata WhatsApp.

Belum diketahui secara pasti kapan pesan akan tersedia untuk pengguna WhatsApp, tetapi Metro melaporkan bahwa mungkin dalam beberapa minggu ke depan saat aplikasi diperbarui.