Aplikasi Microsoft Office Kini Ada di iOS dan Android

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Apakah anda ingin memasang aplikasi populer Microsoft Office di perangkat iOS atau Android? Sehingga anda tidak perlu lagi mengunduh versi individual Word, Excel, dan PowerPoint untuk menggunakannya.

Seperti dilansir dari CNET, Microsoft pada hari Senin mengungkapkan bahwa mereka telah mulai menguji versi baru aplikasi Office yang menggabungkan tiga aplikasi (Word, Excel, dan PowerPoint) menjadi satu. Perusahaan raksasa teknologi itu menyampaikan pengumuman tersebut di konferensi Ignite di Orlando, Florida.

Di aplikasi baru yang tersedia sekarang sebagai pratinjau untuk publik di Android dan sebagai versi beta di Apple iOS. Pengguna akan dapat membuat dokumen, presentasi, dan spreadsheet baru serta mengedit dan melihat dokumen yang ada.

Bahkan pengguna juga dapat mengambil gambar dokumen dan membuatnya menjadi file Word yang dapat diedit serta membuat dan menandatangani PDF, atau mengubah tabel dari halaman yang telah dicetak menjadi spreadsheet Excel.

Aplikasi individual milik Microsoft ini telah populer di seluler. Ketiga aplikasi tersebut berada di peringkat ke 25 di kategori aplikasi produktivitas, dan di iOS berada di posisi teratas. Masing-masing aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Android.

Sementara itu, Google, telah memberikan persaingan yang kuat ke Microsoft di pangsa seluler, dengan aplikasi Documents, Slide, dan Spreadsheet dari produktivitas G Suite yang semuanya memiliki peringkat lebih tinggi di iOS.

Walaupun demikian, menurut laporan tahun 2018 dari perusahaan keamanan cloud Bitglass aplikasi produktivitas Microsoft Office 365 telah memimpin secara keseluruhan di seluruh perangkat,. Pada tahun 2016, Office 365 memiliki dua kali lebih banyak penyebaran daripada G Suite di ranah bisnis, sebesar 56 persen dibandingkan dengan 25% persen.

Microsoft mengatakan bahwa aplikasi mobile Office yang baru tidak akan menggantikan tiga aplikasi individual yang telah ada. Aplikasi mobile Office yang baru merupakan pilihan konsumen untuk menginstal aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Namun, jika pengguna menggunakan semua aplikasi inti, maka Microsoft menyarankan untuk menggunakan aplikasi Office baru ini, karena itu berarti penggunaa hanya perlu memasang satu aplikasi dan itu akan menghemat ruang penyimpanan.

Kombinasi aplikasi Office untuk iOS dan Android ini versinya akan mengikuti rilis Microsoft dari aplikasi Office baru untuk Windows 10 pada bulan Februari, yang menawarkan akses ke semua aplikasi produktivitas Office dalam satu tempat. Rilis umum untuk aplikasi Office baru ini akan dilaksanakan pada paruh pertama tahun depan.(hh)