Aplikasi Zoom di iOS Tidak Lagi Kirim Data ke Facebook

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Perangkat lunak untuk konferensi video Zoom baru-baru ini melihat adanya peningkatan dalam penggunaannya. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang menghabiskan waktu di rumah karena wabah coronavirus.

Baca: Zoom Kirimkan Data ke Facebook Secara Diam-Diam

Namun, beberapa kekhawatiran telah banyak disampaikan khususnya mengenai privasinya, termasuk adanya fakta bahwa aplikasi Zoom di iOS mengirimkan data seperti lokasi pengguna dan detail perangkat ke Facebook, bahkan jika pengguna tidak memiliki akun Facebook.

Motherboard perusahaan keamanan siber telah melaporkan bahwa aplikasi Zoom di iOS telah diperbarui, sehingga saat ini sudah berhenti mengirim data ke Facebook, karena pihak perusahaan telah menemukan bahwa beberapa data yang dikirim tidak diperlukan.

Sementara itu, Chris Hazelton, direktur solusi keamanan Lookout, mengatakan bahwa para peneliti Lookout menganalisis versi iOS terbaru Zoom (4.6.9) pada Senin pagi, dan mengonfirmasikan bahwa mereka masih berkomunikasi dengan API Facebook di versi iOS dari aplikasi Zoom. Namun, tidak memperlihatkan adanya fitur berbagi data yang dihentikan, jadi aplikasi tersebut masih berkomunikasi dengan Facebook.”

Dalam blognya Zoom menjelaskan bahwa mereka awalnya menerapkan fitur Login dengan Facebook dengan menggunakan Facebook SDK untuk iOS untuk memberikan pengguna kami cara lain yang nyaman untuk mengakses platform mereka. Namun, mereka akhirnya sadar bahwa Facebook SDK ternyata juga mengumpulkan informasi perangkat yang tidak diperlukan oleh mereka.

Selanjutnya mereka juga menyatakan bahwa privasi pelanggan sangat penting. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk menghapus Facebook SDK di klien iOS dan telah mengkonfigurasi ulang fitur tersebut, sehingga pengguna masih dapat masuk dengan Facebook melalui browser mereka.

Para pengguna Zoom di iOS perlu memperbaru aplikasi Zoom ke versi terbaru di iOS agar perubahan tersebut bisa dirasakan, versi baru tersebut telah tersedia sejak Jumat minggu lalu.

Dari sekian banyak sekali aplikasi konferensi video yang ada, Zoom telah muncul sebagai favorit banyak pengguna memilihnya karena kualitas video dan audio yang luar biasa. Terlepas dari kenyataan bahwa untuk versi gratis Zoom hanya dibatasi untuk 40 menit. Jadi ada baiknya perusahaan memperbaiki masalah privasinya, walaupun masih ada beberapa masalah lain.(hh)